Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara mendeteksi Trojan 2

20 Juni 2011 | Komputer

Cara mendeteksi trojan dengan cara yang ke-2 ini lebih spesifik dan membutuhkan sedikit konsentrasi, tapi dengan begitu anda akan lebih pintar, ya nggak? he hee…

Caranya sebagai berikut:
1. Task List
Cara pendeteksiannya adalah dengan melihat daftar program yang sedang berjalan dengan Task List. Daftar dapat ditampilkan dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del. Selain dapat mengetahui program yang berjalan, pemakai dapat melakukan penghentian terhadap suatu program yang dianggap aneh dan mencurigakan.

Namun beberapa trojan tetap mempu menyembunyikan dirinya dari Task List ini. Sehingga untuk mengetahui program yang berjalan secara keseluruhan perlu dibuka System Information Utility (msinfo32.exe) yang berada di C:Program filescommon filesmicrosoft sharedmsinfo.

Tool ini dapat melihat semua proses yang sedang berjalan dikomputer, baik yang tersembunyi dari Task List maupun tidak. Hal-hal yang perlu diperiksa adalah path, nama file, properties file, dan berjalannya file *.exe serta file *.dll.

2. Netstat
Semua trojan membutuhkan komunikasi. Jika mereka tidak melakukan komunikasi berarti tujuannya sia-sia. Hal ini adalah kelemahan utama dari trojan, karena mereka meninggalkan jejak kemudian dapat ditelusuri.

Perintah Netstat berfungsi membuka koneksi ke dan dari komputer seseorang. Jika perintah ini dijalankan, maka akan menampilkan IP Address dari komputer tersebut dan komputer yang terkoneksi dengannya. Jika ditemukan IP Address yang tidak dikenal, maka perlu diselidiki lebih lanjut.

3. TCPView
TCPView adalah suatu free utility dari Sysinternals yang mempunyai kemampuan menampilkan IP Address dan menampilkan program yang digunakan oleh orang lain untuk koneksi dengan komputer pemakai. Dengan menggunakan informasi tersebut, kita dapat mengetahui dan melakukan serangan balik terhadap penyerang.

tags:

Related For Cara mendeteksi Trojan 2

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori