Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara mengatasi virus yang menginfeksi exe

17 Juni 2011 | Komputer

Cara mengatasi virus yang menginfeksi exe. Aplikasi executable (exe) masih memungkinkan terinfeksi virus meskipun antivirus telah terpasang di komputer. Virus ini namanya services.exe (mungkin banyak yang bernama seperti ini). Lokasinya di folder C:Windows danĀ  C:WindowsSystem32617152D yang beratribut Hidden System, atau folder sejenis yang dibuat secara acak, sehingga tidak terlihat jika setting optionsnya tidak diubah. Virus ini juga menggandakan diri dengan nama lain.Ukurannya sangat kecil, hanya 18 KB.

Beberapa hal yang sering dialami ketika terinfeksi virus ini adalah:

1. Aplikasi executable (exe), ketika di close (Kill) melalui Process Eplorer tidak bisa. Termasuk juga dengan menggunakan Task Manager.

2. Virus secara otomatis menulis diregistry. Namun, ketika kita ingin menghapusnya lewat aplikasi autorun, virus secara otomatis menulis diregistry lagi. Ini ciri khas virus pada umumnya.

3. Ketika mau menjalankan autorun lagi setelah ditutup maka aplikasi langsung error dan ketika dijalankan ulang, tiba-tiba aplikasi autorun hilang (didelete oleh virus ini).

4. Antivirus yang digunakan tidak dapat berjalan. Begitu dijalankan sama, langsung error. Dan ketika kita mencoba menginstal ulang ternyata filenya rusak.

5. Ketika mencoba menghapus melalui boot CD dan mencari file dengan ukuran sekitar 18 KB, setelah selesai dan dilihat, ternyata sudah tidak ada lagi.

6. Virus ini juga mengifeksi/merusak apliksi yang lain, seperti Comodo Firewall.

Untuk mengatasi masalah ini, silahkan scan dengan antivirus update terbaru anda. Untuk memperbaiki file yang terinfeksi virus ini, maka gunakan Hex Editor, seperti Hexaped.
Selamat mencoba.

tags:

Related For Cara mengatasi virus yang menginfeksi exe