Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara menggunakan menu File CorelDraw

25 Mei 2012 | Tutorial

Cara menggunakan menu File CorelDraw. Saat anda telah selesai bekerja pada lembar kerja coreldraw mungkin anda ingin menyimpannya secara default maupun didimpan pada folder lain pada komputer anda. Penyimpanan pada lembar kerja umumnya dilakukan apabila kita telah selesai membuat suatu desain objek grafis. Langkah untuk menyimpan lembar kerja pada coreldraw adalah:

Klik tombol Save pada toolbar standar, atau tekan tombol CTRL + S, atau pilih menu File pilih Save sehingga akan tampil kotak dialog Save Drawing.

Pada bagian Save in, tentukan lokasi folder tujuan penyimpanan file. Ketikkan nama file pada kotak File name dan klik tombol Save.

Pada kondisi default, gambar objek grafis akan disimpan dengan format file CorelDraw, yaitu dengan ekstensi *.cdr. Pada kotak dialog Save Drawing, anda juga dapat mengatur agar hasil pekerjaan tersebut tersimpan ke format file CorelDraw versi sebelumnya, yaitu dengan memilih versi CorelDraw yang anda kehendaki pada kotak Version.

Apabila hasil pekerjaan tersebut sudah pernah anda simpan sebelumnya, anda dapat menyimpan objek grafis tersebut dengan nama lain atau dalam format lain, yaitu dengan menggunakan perintah menu File pilih Save As. Penyimpanan file dengan format yang lain bertujuan agar objek desain grafis tersebut dapat dibuka pada program aplikasi selain coreldraw.

Selanjutnya, bagaimana cara membuka file objek desain grafis yang pernah anda simpan sebelumnya? Langkahnya sebagai berikut:

Klik tombol Open pada toolbar Standard, atau tekan tombol Ctrl + O, atau pilih menu File lalu pilih Open, sehingga akan tampil kotak dialog Open Drawing.

Pada bagian Look in, tentukan lokasi folder mana yang anda gunakan untuk menyimpan file yang akan dibuka, pilih nama file dan klik tombol Open.

Perintah yang dapat anda gunakan untuk membuka atau membuat sebuah lembar kerja baru sehingga anda dapat mulai bekerja kembali untuk mendesain sebuah objek grafis adalah sebagai berikut:

Klik tombol New pada toolbar Standard.
Tekan tombol Ctrl + N.
Pilih File klik New.

Setelah anda selesai bekerja tentunya anda ingin keluar dari program coreldraw. Bagaimana caranya?

1. Pilih menu File klik Close untuk menutup desain objek grafis yang aktif atau terbuka.
2. Pilih menu File klik Exit untuk keluar dari program coreldraw.

Itulah beberapa cara menggunakan menu file pada coreldraw X3 khususnya, namun untuk coreldraw pada versi sebelumnya atau versi yang lebih baru pun tak jauh berbeda atau mungkin tidak ada bedanya. Semoga membantu.

Related For Cara menggunakan menu File CorelDraw