Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara menggunakan sofware gamelan mecanique

29 Mei 2013 | Culture

Cara menggunakan sofware gamelan mecanique. Gamelan mecanique adalah sebuah sofware yang bisa digunakan untuk memainkan gamelan pada komputer baik PC maupun laptop. Sofware ini ciptaan sahabat dari negara Prancis. Banggalah kita sebagai orang Jawa, ternyata gamelan mampu menjadikan perhatian orang Barat.

Meski sofware ini baru mampu memainkan laras Slendro saja, namun saya kira cukup bagus untuk memberikan pembelajaran bagi yang ingin tahu atau justru ingin bisa menabuh gamelan. Karena dengan menggunakan gamelan mecanique dengan mudah sang pembimbing dapat mengetahui menunjukkan bagaimana bunyi masing-masing gamelan dan cara menabuhnya.

Gamelan mecanique memiliki 3 contoh bunyi gamelan menurut daerahnya, yaitu gamelan Jawa, gamelan Bali dan gamelan Sunda. Waktu pertama membuka sofware ini anda akan dihadapakan pada 5 pilihan contoh, yaitu: lancaran, ladrang untuk Jawa, Gilak baris, barisuntuk Bali, dan Sekar alit untuk Sunda.

Klik salah satu yang ingin dicoba, tekan tombol play untuk mencoba mendengarkan. Masing-masing bunyi gamelan akan terlihat dengan warna-warna tertentu.

Tidak itu saja, sofware ini mampu dimainkan secara manual dengan cara mengklik dengan mouse. Namun, untuk memainkannya dibutuhkan komputer sebanyak jenis gamelan yang ada. Sebagai contoh gamelan Jawa, di sana terdapat kurang lebih 11 jenis gamelan. maka untuk memainkannya dibutuhkan 11 komputer untuk memainkannya, meski mungkin pada gending tertentu dimungkinkan 1 orang dapat memainkan lebih dari 1 gamelan.

Mungkin anda ingin mencobanya, silahkan download dulu. Cari di google, banyak yang menyediakan sofware ini. Extraks filenya untuk bisa memunculkan tool untuk membuka sofware ini. Untuk lebih jelas, silahkan saksikan video tentang gamelan mecanique. Semoga menjadi inspirasi tersendiri bagi pecinta seni budaya Jawa khususnya.

tags:

Related For Cara menggunakan sofware gamelan mecanique