Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara menghapus link rusak 404 di webmaster

6 Juli 2012 | Blogger, Blogger

Cara menghapus link rusak 404 di webmaster. Baru menyadari bahwa menghapus posting/artikel yang telah terindeks di google ternyata berakibat terdeteksinya link rusak (tidak ditemukan) di webmaster dengan kode tanggapan 404. Yang berarti robot tidak bisa menemukan url artikel yang telah dihapus tersebut.

Hal ini membuat blog kita jadi kurang baik di mata search engine. Mengapa? Coba anda bayangkan sendiri, ketika anda bermaksud mencari sebuah artikel dengan mengetikkan sebuah kata kunci di search engine.

Di sana anda menemukan sebuah judul artikel yang dimaksud, lalu anda klik judulnya, ternyata artikelnya tidak ada atau tidak ditemukan. Tentunya anda kecewa bukan? Begitulah kira-kira yang dialami robot saat menelusuri blog kita.

Seperti pengalaman saya sendiri, puluhan artikel tentang photoshop saya pindahkan ke http://prophotoshop99.blogspot.com, dengan maksud agar artikel tersebut lebih fokus ke satu topik saja. Namun, ternyata akibatnya begitu parah di webmaster.

Tadinya hanya terdeteksi beberapa saja, tapi ternyata makin hari makin bertambah banyak saja link rusak yang ditandai kode tanggapan 404. Lebih parah lagi, bukan hanya url artikelnya saja yang terdeteksi. Semua link yang menuju artikel tersebut juga menunjukkan kesalahan perayapan yang sama.

Nah, untuk mengatasinya mau tak mau saya harus menghapusnya satu-persatu. Memang capek, tapi mau bagaimana lagi, karena ini memang akibat tindakan saya yang ceroboh. Bagi para sobat pemula yang mungkin belum tahu hal ini, pikirkan terlebih dahulu sebelum anda menghapus artikel, meski hanya satu artikel saja. Untuk menghapus link-link rusak dengan kode tanggapan 404 caranya sebagai berikut:

1. Masuk ke https://www.google.com/webmasters dengan account google anda.

2. Jika anda mempunyai lebih dari satu blog yang telah diverifikasi di sana, pilih blog yang ingin anda cek.

3. Lihat tab layar sebelah kiri, klik Kesehatan lalu pilih Kesalahan Perayapan.

4. Di sana terdapat Kesalahan Server dan Tidak ditemukan, pilih Tidak ditemukan. Jika blog anda sehat tentunya tidak akan terdapat link kesalahan. Namun, jika ada link yang tidak ditemukan maka di sana tercatat link tersebut.

5. Biarkan tab Tidak ditemukan terbuka. Untuk mempermudah penghapusan, klik Pengoptimalan, klik kanan Hapus URL, pilih Buka tautan di tab baru.

6. Sekarang anda mempunyai 2 tab terbuka di webmaster. Yaitu: tab 1 Kesalahan perayapan dan tab satunya Hapus URL.

7. Pada tab Kesalahan perayapan, klik link dengan kode tanggapan 404. Maka akan muncul jendela munculan klik kanan link urlnya, pilih Salin alamat tautan.

kesalahan perayapan

8. Buka tab 2 Hapus URL, klik Buat Permintaan penghapusan baru. Masukkan link tautan yang anda copy di atas di sana. Lalu klik Terus.

permintaan penghapusan URL

9. Pada halaman selanjutnya, Hapus laman dari hasil penelusuran dan chace, klik Kirim permintaan.

10. Lakukan hal yang sama untuk menghapus url selanjutnya yang ingin dihapus.

Mudah bukan? Semoga membantu.

tags:

Related For Cara menghapus link rusak 404 di webmaster

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori