Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara Menyampaikan Perasaan Yang Sulit

28 April 2011 | Cinta

Cara Menyampaikan Perasaan Yang Sulit. Lihatlah facebook, perhatikan status teman-teman anda. Jutaan update status teman-teman anda setiap harinya terpampang di sana… Jika dengan seksama kita perhatikan, entah itu status kegembiraan, suka cita ataupun bahagia, semuanya merupakan ungkapan perasaan mereka masing-masing pada saat itu. Tak banyak perbedaan antara pria dan wanita.

Saat kita marah, kecewa, putus asa, atau berang, sulit bagi kita untuk menyampaikan sesuatu dengan penuh cinta.

Bila perasaan-perasaan negatif muncul, untuk sementara kita cenderung kehilangan perasaan-perasaan penuh cinta seperti kepercayaan, kepedulian, penerimaan, penghargaan dan rasa hormat. Pada saat-saat seperti itu, bahkan dengan maksud yang paling baik sekalipun pembicaraan biasa dapat berubah menjadi pertengkaran. Karena panasnya suhu saat itu, kita tak ingat bagaimana berkomunikasi dengan cara yang sesuai bagi pasangan kita atau bahkan bagi kita sendiri.

Pada saat-saat demikian, wanita secara sadar cenderung menyalahkan pria dan membuat pria merasa bersalah atas tindakan-tindakan mereka. Bukannya mengingat bahwa pasangannya telah berusaha sebaik-baiknya, wanita malah menduga yang paling buruk, suaranya terdengar mengecam serta penuh amarah.

Saat perasaan-perasaan negatif muncul, amatlah sulit bagi wanita untuk berbicara dengan penuh kepercayaan, penerimaan dan penghargaan. Wanita tidak menyadari betapa menyakitkan dan negatif sikapnya itu terhadap pasangannya.

Jika pria marah, mereka cenderung menghukum dan mengadili perasaan-perasaan wanita. Ia tak ingat bahwa pasangannya mudah terluka dan peka. Ia melupakan kebutuhan-kebutuhan pasangannya, dan suaranya kasar serta tak peduli. Ketika muncul dorongan perasaan-perasaan negatif, sulit baginya untuk berbicara dengan penuh pengertian, perhatian dan rasa hormat. Pria tidak menyadari betapa menyakitkan sikapnya yang negatif terhadap pasangannya.

Pada saat-saat demikian, berbicara akan sia-sia saja. Tetapi untungnya ada cara lain.

Jangan menyampaikan perasaan-perasaan anda melalui kata-kata. Tulislah sepucuk surat atau sms baginya. Menulis surat memungkinkan anda mendengarkan perasaan-perasaan anda sendiri tanpa perlu khawatir akan menyakiti perasaan pasangan anda.

Dengan mengungkapkan dan mendengarkan secara leluasa perasaan-perasaan anda sendiri, otomatis anda jadi lebih terpusat dan penuh kasih sayang. Setelah menulis surat/sms pria jadi lebih penuh perhatian, penuh pengertian dan rasa hormat; wanitapun jadi lebih penuh kepercayaan mau menerima dan penuh penghargaan.

Menuliskan perasaan-perasaan negatif dapat membantu anda menyadari bahwa mungkin cara bicara selama ini kedengaran menjengkelkan. Dengan kesadaran yang lebih besar ini, anda dapat menyesuaikan pendekatan anda. Dengan menuliskan perasaan-perasaan negatif anda intensitas perasaan-intensitas itu dapat dilampiaskan, sehingga memungkinkan kembalinya perasaan-intensitas positif.

Setelah lebih terpusat, anda dapat menghampiri pasangan anda dan berbicara kepadanya dengan lebih penuh cinta, tidak terlalu menghakimi atau menyalahkannya. Maka peluang anda untuk dimengerti dan diterima menjadi jauh lebih besar.

Setelah menulis surat/SMS, barangkali anda dapat memperoleh ilham untuk melakukan sesuatu yang penuh cinta bagi pasangan anda. Entah anda menyampaikan perasaan-perasaan itu melalui surat/sms atau anda sekedar menulis surat/sms agar merasa lebih nyaman, mengungkapkan perasaan secara tertulis merupakan alat yang penting.

tags:

Related For Cara Menyampaikan Perasaan Yang Sulit

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori