Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara menyembuhkan perasaan negatif

8 Maret 2012 | Intelegensi

Cara menyembuhkan perasaan negatif. Sulit memang untuk memahami dan menerima perasaan-perasaan negatif orang lain jika perasaan-perasaan negatif anda sendiri tak pernah didengarkan dan didukung.

Semakin kita sanggup menyembuhkan perasaan-perasaan kita sendiri yang belum terselesaikan dari masa kanak-kanak, maka semakin mudah bagi kita untuk secara bertanggung jawab menyampaikan perasaan kita dan mendengarkan perasaan pasangan kita tanpa menjadi sakit hati, tidak sabar, frustasi atau tersinggung.

Semakin banyak hambatan yang anda miliki terhadap rasa sakit anda sendiri, semakin besar hambatan yang anda hadapi dalam mendengarkan perasaan orang lain. Jika anda merasa tak sabar dan tak tahan mendengarkan orang lain mengungkapkan perasaan mereka yang kekanak-kanakan, ini merupakan petunjuk bagaimana anda memperlakukan diri anda sendiri.

Untuk melatih diri sendiri, kita harus menjadi orang tua bagi diri kita sendiri. Kita harus menerima bahwa ada suatu pribadi emosional di dalam diri kita yang kecewa, bahkan saat pikiran dewasa kita rasional mengatakan bahwa tak ada alasan untuk kecewa. Kita harus mengisolasi bagian emosional itu dan menjadi orangtua yang penuh kasih terhadapnya. Cobalah sekali waktu anda ajukan sebuah pertanyaan pada diri anda sendiri:

“Ada apa? Apakah saya sakit hati? Apa yang saya rasakan? Apa yang terjadi sehingga aku kecewa? Apa yang membuatku marah? Apa yang membuatku sedih? Apa yang aku takutkan? Apa yang saya kehendaki?”

Jika kita mendengarkan perasaan kita dengan belas kasihan, perasaan negatif kita secara ajaib akan sembuh, dengan begitu kita sanggup menanggapi berbagai situasi dengan cara lebih penuh cinta dan hormat. Dengan memahami perasaan masa kanak-kanak kita, secara otomatis kita membuka pintu bagi perasaan yang penuh cinta agar meresap yang kita rasakan.

Jika pada masa kanak-kanak emosi batin kita berulang kali didengarkan dan diakui dengan penuh cinta, sebagai orang dewasa kita tidak akan terhambat dalam emosi-emosi negatif. Tetapi sebagian besar di antara kita sewaktu masa kanak-kanak tidaklah didukung dengan cara ini, oleh karena itu saat ini anda yang harus melakukannya untuk diri anda sendiri.

tags:

Related For Cara menyembuhkan perasaan negatif

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori