Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara merekam kaset pita ke komputer

25 Juli 2012 | Komputer

Cara merekam kaset pita ke komputer. Kemajuan teknologi audio yang pesat sedemikian cepat menggeser dunia kaset pita ke dunia audio digital. Audio digital sanggup menjamin kualitas yang lebih baik, mudah dan efisien. Audio digital bisa dengan mudah diedit di komputer untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik.

Audio digital lebih efisien tempat maupun peralatan. Dengan komputer, audio dapat dengan mudah dirubah keberbagai format. Mulai kualitas rendah sampai kualitas tertinggi menurut kebutuhan.

Kembali ke merekam kaset pita ke komputer, anda mempunyai banyak kaset pita yang isinya lagu-lagu lawas atau audio langka lainnya? Lebih baik anda pindah ke komputer menjadi audio digital, dengan cara merekam atau mentransfernya ke komputer. Bagaimana caranya?

Tutorial ini menggunakan Sound Forge 7.0, dengan ini kita lebih mudah untuk pengerjakan audio selanjutnya. Jika anda belum punya, silahkan download di situs resminya www.sonycreativesoftware.com, yang saat ini sudah sampai versi yang lebih tinggi dan lebih canggih.

Berikut tutorialnya:
1. Siapkan kaset pita dan tape recordernya.
– Cek kasetnya, bersihkan bila kotor.
– Cek tape recordernya, bersihkan head dan roda pemutarnya dengan kapas atau kain halus.
– Play kaset pita dan yakinkan output audionya bagus. jika sudah stop playnya.

2. Siapkan jack stereo yang akan digunakan untuk menghubungkan ke komputer. Jika anda pernah membeli speaker/woofer untuk komputer biasanya diberikan jacknya. Jack ini hanya 1 slot saja tetapi stereo.

cara-merekam-kaset-pita-ke-komputer

3. Masukkan ujung jack 1 pada slot tape recorder, dengan mengambil output headphone.

cara-merekam-kaset-pita-ke-komputer

4. Masukkan ujung jack 2 pada slot belakang CPU. Lihat di sana ada 3 buah slot berwarna pink, hijau dan biru (bisa saja cpu lain warna slotnya berbeda, sesuaikan!). Masukkan jack pada slot pertama yang berwarna pink.

cara-merekam-kaset-pita-ke-komputer

5. Pastikan input audio dari tape ke komputer terkoneksi dengan. Atur volume input komputer anda.
6. Buka sofware Sound Forge 7.0 anda.
7. Play tape recordernya dengan volume 50% sampai 75%. Jangan 100% karena hasil outputnya nanti pasti akan jelek.
8. Klik Record pada Sound Forge 7.0 atau tekan Ctrl+R.

cara-merekam-kaset-pita-ke-komputer

9. Pada jendela munculan klik tombol star record. Masuknya audio ke komputer anda ditandai denagn tanda merah yang berkedip-kedip.

cara-merekam-kaset-pita-ke-komputer

10. Jika sudah selesai klik Stop Record.

cara-merekam-kaset-pita-ke-komputer

11. Lihat hasilnya, cek dengan menekan tombol Play. Jika semuanya telah anda persiapkan dengan baik pasti hasilnya maksimal.

cara-merekam-kaset-pita-ke-komputer

12. Klik Save As. Untuk hasil maksimal saya sarankan Simpan pertama kali dengan format wav. Baru setelah itu anda dapat menyimpannya kembali dengan format mp3. Semoga membantu.

Related For Cara merekam kaset pita ke komputer