Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Contoh karangan persuasi dengan tema pemuda sebagai generasi pembangunan

19 Januari 2014 | Sastra

Contoh karangan persuasi dengan tema pemuda sebagai generasi pembangunan. Pembangunan merupakan tanggung jawab seluruh anggota masyarakat dengan didukung pemerintah secara berkesinambungan. Pemuda sebagai penerus perjuangan bangsa juga mempunyai kewajiban untuk turut membangun bangsa dan negaranya.

Gagasan di atas dapat kita lanjutkan menjadi sebuah karangan yang menarik. Kita berusaha agar karangan yang kita buat dapat meyakinkan dan mempengaruhi pembaca, khususnya generasi muda. Shingga dengan kesadaran pembaca sudi berpartisipasi dalam pembangunan.

Karangan yang akan kita susun dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca agar mereka dapat dan mau bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan dalam karangan, kita sebut persuasi.

Sebagaimana halnya dengan jenis karangan lainnya, sebelum kita mulai mengarang kita menentukan langkah-langkah yang harus kita tempuh. Yaitu :
1. Menentukan tujuan penulisan
Karangan yang akan kita susun harus memiliki tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas akan membawa perhatian ke arah pusat garapan. Selain itu, akan mengarahkan segenap pembicaraan ke arah satu fokus tertentu. Sehubungan dengan topik di atas, kita dapat menentukan tujuan yang hendak dicapai, misalnya : mengajak generasi muda agar lebih aktif membantu pembangunan.

2. Membuat kerangka karangan
Agar pembicaraan dalam karangan lebih teratur dan lebih sistematis, sebelumnya menyusun karangan lebih lanjut kita membuat kerangka karangan terlebih dahulu. Dalam kerangka tersebut kita kumpulkan semua bahan yang akan dibahas, dan bahan-bahan itu telah tersusun berdasarkan urutan tertentu.

Dengan kerangka karangan yang telah lengkap kita tidak akan kekurangan bahan, dan penyajian akan berjalan secara teratur berurutan, tanpa tumpang tindih.

Sebagai contoh, topik di atas kita tuangkan dalam kerangka sebagai berikut :
1. Hakikat pembangunan
1.1 Tujuan pembangunan
1.2 sasaran pembangunan

2. Cara melaksanakan pembangunan
2.1 Modal dasar tenaga kerja
2.2 Modal pembangunan yang berwujud dana

3. Peranan generasi muda
3.1 Bentuk kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh generasi muda
3.2 Generasi muda merupakan bagian dari modal dasar tenaga kerja
3.3 Generasi muda sangat kreatif
3.4 Generasi muda sangat potensial

4. Kesimpulan
4.1 Pembangunan bangsa perlu digalakkan
4.2 Generasi muda harus lebih aktif berperan dalam pembangunan.

Semoga dengan contoh di atas akan sedikit banyak membantu.

tags:

Related For Contoh karangan persuasi dengan tema pemuda sebagai generasi pembangunan