Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Faktor penyebab menopause

4 Oktober 2013 | Health

Faktor penyebab menopause mungkin banyak dicari kaum wanita yang sedang mendekati masa tersebut. Menopause bagi seorang wanita mau tidak mau dan sadar atau tidak sadar suatu saat pasti akan dialami. Menopause merupakan bagian yang tidak dapat dihindari ataupun dipisahkan dalam kehidupan wanita. Masalahnya, kejadian menopause sering menimbulkan berbagai keluhan bagi banyak wanita, baik secara fisik maupun psikis.

Awal menopause ternyata berbeda dari satu wanita ke wanita lainnya. Ini disebabkan berbagai faktor. Baik yang berasal dari diri wanita itu sendiri maupun dari lingkungan tempat tinggalnya sehari-hari.

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya proses awal menopause antara lain, ras, turunan, gizi, sosio ekonomi, paritas, penyakit yang diderita, pemakaian obat-obatan hormonal, perkawinan ataupun merokok.

Usia wanita pada saat menopause pun juga beragam. Belum lagi sindrom klimakterium yang begitu berlainan dari wanita ke wanita lain. Sindrom ini dapat muncul sebagai rangkaian dari keluhan dan gejala vasomotorik seperti gejolak panas, berkeringat banyak, selalu berdebar-debar, ataupun gangguan yang ersifat psikologis.

Selain itu, juga muncul berbagai kegelisahan, sukar atau tidak dapat tidur, mudah marah, cepat tersinggung. Kemungkinan juga disertai keluhan pada pada sistem kemih berupa sering kencing, nyeri saat senggama dan sebagainya.

Faktor penyebab menopause

Faktor utama terjadinya menopause adalah karena terjadinya proses penuaan sel atau jaringan yang berdampak menurunnya atau hilangnya hormon estrogen dari tubuh wanita disamping faktor-faktor lainnya.

Related For Faktor penyebab menopause