Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Format Office XML office 2007

6 Juni 2014 | Office

Format Office XML office 2007. Bagi seseorang yang kritis, hal baru merupakan lahan untuk belajar. Biasanya, seseorang akan malas untuk belajar jika ada sesuatu yang baru. Dengan berbagai alasan mereka berkelit, misal, lebih enak yang versi lamalah, sulit mengoperasikannya dan lain sebagainya. Mereka tidak menyadari bahwa teknologi ini akan terus berkembang dan berubah.

Berbagai penemuan baru terus ditemukan dan diterapkan untuk membantu mempercepat dan mempermudah manusia mengerjakan sesuatu. Microsoft Office 2007 memperkenalkan format file berdasar XML. Format ini disebut Microsoft Office Open XML. Format ini digunakan untuk Word 2007, Excel 2007 dan PowerPoint 2007.

Kelebihan dan keuntungan menyimpan file dalam format XML ini adalah:

  • Filenya akan menjadi padat. Secara otomatis file format baru ini akan dikompres menjadi lebih kecil 75% secara otomatis (dalam beberapa kasus). Maka yang terjadi pastilah menghemat tempat, lihatlah handphone sekarang sudah menjadi komputer mini.
  • Saat file dibuka, secara otomatis file akan terurai kembali tanpa harus membubuhkan program utility untuk mengompresnya.
  • Meningkatkan kemampuan file recovery, atau memperbaiki file secara otomatis jika terjadi kerusakan. Ini karena secara konsep sebuah file memiliki komponen-komponen yang akan tersimpan sendiri-sendiri. Misal tabel, grafik, dan lain-lain. Dengan demikian, jika terjadi kerusakan diharapkan tidak seluruh komponen ikut rusak.
  • Lebih gampang mendeteksi dokumen yang berisi makro. File yang tersimpan menggunakan default nama ekstension “x” (.docx dan .pptx) tidak dapat diisi dengan makro VBA (Visual Basic for Applications) maupun kendali dari ActiveX controls. Oleh karena itu akan terhindar dari kemungkinan terjangkiti virus file.
  • Hanya file-file yang nama belakangnya mengandung huruf “m” (seperti.docm dan xlsm) bisa mengandung makro VBA dan kendali dari ActiveX, yang tersimpan pada bagian tersendiri dari file tersebut. Dengan pemisahan nama file tersebut itulah yang akan memudahkan pengecekan kemungkinan suatu file mengandung virus makro atau tidak.
  • Meningkatkan privacy dan memudahkan kontrol dalam informasi yang bersifat personal, sehingga dokumen-dokumen akan dapat diedarkan tanpa kehilangan privacy kita. Dalam hal ini misalnya pada dokumen-dokumen yang bersifat informasi penting dan sensitif seperti identifikasi personal, nama penulis, comments, tracked changes, dan file paths dapat diidentifikasi atau justru dihapus menggunakan Document Inspector.
  • Format baru ini memiliki tingkat kemampuan untuk berintegrasi dan interoperability menggunakan sesama format Office XML. Hal ini berarti di dalam kerangka kerja Office 2007 documents (Word), worksheets (Excel), presentations (PowerPoint), dan formulir (Acces) dapat disimpan dalam format XML.

Pertama kali kita mengenal format baru ini, mungkin belum tertarik untuk memanfaatkannya. Namun karena fasilitas ini diperhitungkan untuk masa ke depan, maka suatu saat Anda akan merasa membutuhkan kelebihan ini.

Saran saya silahkan belajar mulai sekarang. Ingatlah teknologi akan terus berkembang, mau tak mau, suka tak suka.

Related For Format Office XML office 2007

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori