Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Gejala dan kronologi penyakit ginjal

10 Juli 2012 | Health

Gejala dan kronologi penyakit ginjal. Penyakit ginjal yang paling banyak terjadi di Indonesia adalah batu ginjal disertai infeksi, yang kemudian bisa berakibat gagal ginjal. Menurut Prof. Sidabutar periode 1975-1980, penyakit ginjal nomor satu adalah glomerulophritis, yaitu peradangan ginjal yang disertai dengan infeksi di seluruh tubuh. Nomor 2 adalah penyakit ginjal obstruksi, dan nomor 3 adalah diabetes.

Gejala glomerulophritis adalah bengkak dibagian muka dan kaki. Bengkak bisa terjadi secara mendadak dan biasanya di jaringan yang longgar, dan sering didahului oleh infeksi saluran nafas. Warna air kencing merah seperti air cucian daging, tekanan darahpun naik.

Jika tubulus dalam ginjal tersumbat oleh batu ginjal, maka ginjal menjadi besar dan berbenjol-benjol. Perut menjadi besar dan penyakit batu ginjalnya bisa diraba dengan tangan.

Selain diabetes dan hipertensi, juga ada penyakit-penyakit lain yang menjadi penyebab penyakit ginjal. Seperti penyakit sistemik atau lupus erythematosus. Yaitu penyakit kronis yang ada di wajah dan tangan.

Apapun penyakit ginjal yang diderita, akhirnya beban yang menyertainya adalah penurunan fungsi ginjal. Untuk hidup normal sehari-hari hanya 20% yang kita butuhkan dan 20% lainnya adalah cadangan. Jika kurang dari 20% tentu tidak normal lagi. Perlu penyesuaian dengan diet dan obat.

Yang menjadi masalah adalah bila fungsi ginjal yang diperlukan itu kurang dari 5%. Ini tidak lagi bisa diatasi dengan diet dan obat, tetapi harus dilakukan cuci darah, pencangkokan dan cara yang disebut replacement treatment.

Jadi, asalkan kita dapat memelihara fungsi ginjal lebih dari 20%, maka sampai tua tidak akan ada masalah. Karena itu, jika ada pasien yang datang dengan keluhan penyakit ginjal, maka usaha pertama adalah memelihara fungsi ginjalnya, sehingga dapat mencapai usia tua dengan fungsi ginjal di atas 20%.

Mengapa orang yang sakit ginjal tekanan darahnya naik? Karena penyakit ginjal menimbulkan kekurangan darah dan O2. Lalu ginjal mengeluarkan zat dan menciutkan pembuluh darah lain. Jadi pembuluh darah di luar ginjal menjadi ciut dan tekanan darahnya naik.

Jadi, ginjal menjadi sakit adalah karena menderita kekurangan darah. Untuk itu ginjal melakukan dua hal. Pertama, mempertahankan didinya, menciutkan pembuluh lain dari luar ginjal supaya tekanan darah menjadi tinggi dan jumlah darah yang masuk (O2) cukup. Dan kedua, menahan air dan natrium sehingga tekanan darah naik dan O2 cukup.

tags:

Related For Gejala dan kronologi penyakit ginjal