Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Greyscale, Bitmap, mode hitam putih yang sebenarnya

28 Juni 2014 | Photoshop

Greyscale, Bitmap, mode hitam putih yang sebenarnya. Pada photoshop, greyscale sering juga disebut hitam putih. Mode warna ini menggunakan 256 tingkatan warna grey yang menjembatani warna hitam dan putih. Mode ini hanya menggunakan 1 channel warna.

Setiap tingkat grey di sebut dengan persentase black-nya. Sebuah image berwarna jika dikonversi menjadi greyscale akan mengakibatkan seluruh informasi warnanya akan hilang. Image tersebut hanya memiliki tingkat brightness dari masing-masing pixel.

Sedangkan Bitmap, mode hitam putih yang sebenarnya yang dimaksud adalah, bahwa mode ini memiliki warna hitam 100% dan putih 100%. Ia tidak memiliki warna antara. Oleh karenanya hanya warna hitam atau warna putih. Jika anda mengonversi ke mode bitmap, anda masih memiliki opsi, yaitu: 50% Threhold, Pattern Dither, Diffusion Dither, Halftone Screen dan Custom Pattern.

50% Threhold : pixel dengan nilai grey lebih tinggi dari 128 (50% grey) akan dikonversi menjadi warna putih.

Pattern Dither : pixel-pixel warna grey akan dikonversi menggunakan motif-motif geometrik untuk mewujudkan wrna hitam dan putih.

Diffusion Dither : teknik konversi yang didasarkan pada warna pixel di pojok kiri atas image.

Halftone Screen : dengan menyatakan halftone screen anda melakukan simulasi bitmap menjadi titik-titik halftone. Dalam hal ini anda dapat menentukan nilai frequency layar h8ingga lebih dari 999 garis per inchi (lpi). Sebagai perbandingan, biasanya koran dicetak menggunakan 85 lpi, sedang majalah 133 hingga 150 lpi.

Custom Pattern : mode ini menggunakan pattern yang digunakan photoshop sebagai motif untuk mengonversi warna. Dalam hal ini anda harus memilih motif yang ukurannya lebih kecil dari tekstur gambar, sebab jika yang dipilih pattern berbentuk besar maka akan terjadi blok gambar yang tidak jelas.

Mungkin anda bertanya-tanya, untuk apa efek-efek yang diperoleh dengan pilihan di atas? Nah, jika anda memiliki selera seni yang tinggi maka sebuah foto bukan sekedar gambar foto pa adanya, tetapi bisa ditampilkan dengan berbagai efek.

Salah satunya adalah untuk membuat latar belakang dari foto aslinya, di mana foto asli telah dibuang backgroundnya dan diganti dengan foto yang telah diubah menjadi bitmap tadi dalam ukuran yang diperbesar. Sebagai contoh seperti gambar di bawah ini:

Greyscale, Bitmap, mode hitam putih yang sebenarnya

Untuk mendapatkan trik ini anda harus belajar bagaimana menyusun foto dan layer-layer, juga bagaimana membuang background foto dan mengambil bagian tertentu dari foto tersebut. Bukan hanya itu saja, anda perlu memperhatikan teknik mencampur antara obyek greyscale/bitmap serta obyek-obyek yang masih fullcolor. Teknik menggunakan efek semacam semacam ini juga dapat anda lakukan pada program lainnya, misalnya Colreldraw.

Demian sedikit pembahasan tentang Greyscale, Bitmap, mode hitam putih yang sebenarnya, semoga menambah pengetahuan.

Related For Greyscale, Bitmap, mode hitam putih yang sebenarnya

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori