Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Hardware minim komputer lambat

13 Maret 2014 | Komputer

Hardware minim komputer lambat. Mengapa komputer kita lambat? Menyebalkan jika biasanya setiap program yang dijalankan sangat cepat menjadi lambat dan lebih lama menunggu. Sebenarnya penyebab komputer lambat sangatlah kompleks, baik dari hardware maupun sofware. Namun, untuk kali ini akan saya coba menjelaskan kinerja komputer yang lambat karena hardware yang minim.

Masalah pada hardware

Jika dijelaskan secara rinci mungkin akan menjadi satu buku besar. Untuk itu saya akan ambil point-pointnya saja. Sebagai bahan perbandingan saja, saya menggunakan komputer jadul sebagai standarnya:

– Processor : Intel(R) Pentium(R) Dual CPU E2160 @ 1.80GHz 1.80GHz

– RAM : 2 GB

– Hardisk : 160 GB

– VGA : 1GB

Dengan spek seperti di atas komputer saya akan melambat jika saya membuka beberapa program secara bersamaan, misalnya, coreldraw, photoshop, editing video. Akan lebih lambat lagi jika terkoneksi dengan internet.

Mengapa ini terjadi? Karena setiap program atau aplikasi yang kita buka membutuhkan ruang memori yang disebut RAM. Lhoh, kan hardisk kita masih longgar! Hardisk digunakan untuk menyimpan hasil kerja. Sebagai contoh setelah anda selesai mendesain maka file tersebut kita Save atau Save as ke Local disk D.

Jadi saat kita bekerja pada sebuah aplikasi memori yang digunakan adalah RAM, semakin besar ukuran file yang kita garap maka RAM akan semakin menyempit. Selain itu, saat kita menyalakan komputer dan layar menampilkan gambar ini sudah mengurangi memori RAM yang anda gunakan.

Lalu bagaimana solusinya?

Jika ingin merakit komputer, pikirkan terlebih dahulu komputer ini nantinya akan digunakan untuk apa. Bila hanya untuk ngetik saja memori 2GB sudah lebih dari cukup. Tetapi, jika akan digunakan sebagai pengolah grafis saya sarankan gunakan RAM minimal 4GB, ditambah VGA card 1GB (semakin besar semakin bagus).

Sedangkan bagi yang sudah terlanjur membeli atau merakit komputer tetapi speknya kecil karena tidak tahu, maka tambahlah RAM dan VGA card. Ini akan sangat mengubah kinerja komputer.

Bagaimana dengan hardisk?

Bagi yang awam mungkin hardisk disamakan dengan memori. Memang benar memori, tetapi memori hanya untuk menyimpan hasil kerja saja, bukan saat kita bekerja. Jika pada ponsel sama saja dengan MMC. Tetapi, meski demikian hardware yang satu ini juga sangat penting. Hardisk dengan kapasitas yang kecil akan memperlambat kinerja komputer.

Mengapa? Ketika hardisk mulai diinstall system (pada umumnya windows), maka secara otomatis ruang hardisk sudah terpakai. Belum lagi jika diisi lagi dengan berbagai aplikasi atau sofware, maka ruang hardisk akan semakin menyempit. Saat ruang menyempit, maka kinerja sistem akan membutuhkan waktu lebih lama.

Saya kira itu saja lebih dahulu, semoga sedikit penjelasan ini membantu bagi anda yang masih awam tentang komputer.

Related For Hardware minim komputer lambat