Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Indera sensori integrasi manusia

29 Juni 2012 | Health

Indera sensori integrasi manusia. Tahukah anda bahwa manusia mempunyai lebih dari lima indera? Selain mata, hidung, lidah, telinga, serta kulit sebagai indera yang merespon rangsangan dari luar tubuh, misalnya: sinar, bau-bauan, rasa masakan, suara dan sensasi kasar-halus dan lain sebagainya) sebenarnya sejak lahir setiap manusia dilengkapi dengan indera dekat yang bertugas menerima rangsangan yang datangnya dari dalam tubuh sendiri.

Dalam bukunya The Out of sync Child, Carol Stock Kranowitz, M.A. dari Bethesda-Maryland, menjelaskan indera dekat kita adalah:

1. Indera Vestibular
Indera ini terletak dalam telinga bagian dalam. lewat reseptor ini kita akan diberitahu bagaimana posisi kita di atas permukaan bumi ini, apakah kita sedang bergerak atau diam. Seandainya bergerak ke arah mana gerakan itu, berapa kecepatannya dan sebagainya.

2. Indera Proprioceptive
Berasal dari bahasa Latin proprio yang berarti milik sendiri. Karena reseptor yang terdapat dalam otot ini, maka persendian dan jaringan ini akan menginformasikan ke otak perihal badan dan gerakan yang dikerjakan, termasuk juga kekuatan.

3. Indera Tactile
Sistem reseptor yang terdapat pada kulit di sekujur tubuh ini berperan paling besar dalam menentukan kondisi fisik dan mental setiap individu. Setiap orang sejak bayi dan seterusnya selalu membutuhkan rangsangan tactile untuk tetap bisa beradaptasi dan berfungsi secara normal dalam lingkungan alam semesta.

Lewat indera ini otak akan diberitahu tentang rasa makanan enak, nyeri, panas-dingin, kasar-halus, tekanan, getaran maupun gerakan.

Setiap detik otak manusia menerima informasi dari berbagai reseptor tubuh. Jumlahnya mencapai ribuan, bahkan jutaan. Untuk bisa merespon rangsangan ini secara berarti dibutuhkan otak yang handal.

Artinya, mampu menerima rangsangan, mengolah, memilih rangsangan yang boleh diacuhkan dan boleh diabaikan. Proses ini diakhiri dengan tindakan respon disertai evaluasi apakah respon ini sudah dilakukan dengan sempurna. Coba anda bayangkan, proses ini berlangsung sangat cepat dan seolah otomatis dalam sistem indera kita.

Rangkaian proses menerima, mengolah dan selanjutnya memberikan respon inilah yang disebut dengan sensori integrasi.

Related For Indera sensori integrasi manusia