Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Ini dia makanan terbaik untuk bayi

31 Mei 2015 | Health

Makanan terbaik untuk bayi. Coba anda renungkan pertanyaan berikut! Bagaimanakah dengan bayi yang baru lahir? Apakah sudah dapat mencernakan makanan seperti orang dewasa? Berdasarkan pengamatan di sekitar anda, tentu kalian telah mengetahui bahwa sumber makanan yang baik bagi bayi adalah air susu ibu (ASI).

Dalam 30 detik sampai 1 menit setelah bayi menghisap payudara, air susu mulai mengalir. Proses itu disebut ejeksi air susu atau pengeluaran (let down) air susu. Air susu ibu (ASI) inilah yang menjadi makanan utama bayi yang baru lahir.

Dalam tubuh bayi telah terdapat glukosa yang disimpan dalam bentuk glikogen hati dan glikogen otot. Glikogen tersebut hanya dapat dimanfaatkan bayi sebagai sumber energi beberapa jam saja. Sebagai sumber energi berikutnya berasal dari air susu ibu (ASI) yang banyak mengandung laktosa dibandingkan air susu sapi.

Selain itu, dalam tubuh bayi terjadi pertukaran air rata-rata tujuh kali lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Air susu ibu berperan pula sebagai sumber air untuk menggantikan cairan tubuh yang berkurang.

Pada umumnya, metabolisme bayi tidak berbeda jauh dengan anak yang lebih besar, tetapi terdapat pengecualian, yaitu sebagai berikut :

  1. Sekresi amilase dari pankreas belum cukup sehingga bayi belum kuat memanfaatkan amilum sebagai sumber energi.
  2. Absorpsi lemak pada saluran pencernaan bayi kurang, berarti ASI dengan kandungan lemak rendah lebih baik dan utama sebagai sumber nutrisi bayi.
  3. Fungsi hati belum sempurna sehingga konsentrasi gula darah pada bayi belum stabil.

Manfaat ASI

Secara garis besar, manfaat ASI terhadap bayi adalah sebagai berikut :

  1. Sumber nutrisi (glukosa, protein, dan lemak).
  2. Sumber pengganti cairan tubuh yang berkurang.
  3. Sumber mineral dan vitamin, misalnya kalsium (Ca) dan vitamin D yang berperan penting dalam osifikasi atau pembentukan tulang rangka tubuh.
  4. Menambah kekebalan tubuh bayi.
  5. Bayi yang memperoleh ASI akan merasa aman dan nyaman dalam dekapan ibunya.
Itulah sekilas tentang makanan terbaik untuk bayi, semoga menjadi tambahan pengetahuan bagi para pembaca.

Related For Ini dia makanan terbaik untuk bayi