Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Internet bagi dunia pendidikan

25 Februari 2012 | Internet

Internet bagi dunia pendidikan. Teknologi informasi adalah salah satu kekuatan baru yang muncul pada awal abad ke-21 dengan ciri utama perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, baik dari segi sarana, prasarana, infrastruktur teknologi informasi, hardware dan sofware. Siapa yang dapat menguasai senjata baru ini dia akan menjadi penguasa informasi.

Penetrasi teknologi ini telah menyentuh hampir di semua sektor kehidupan sosial yang ada saat ini. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa siapa yang menguasai teknologi informasi, ia akan menjadi seorang penguasa baru pada abad modern ini, seperti dikatakan Bill Gates.

Secara kasat mata, dapat kita lihat bagaimana Bill Gates menjadi penguasa dunia sofware hingga saat ini semenjak ia merintis dan melihat peluang usaha di bidang ini pada tahun 1975.

Tinggal satu pertanyaan yang harus kita jawab bersama saat ini. Sampai berapa jauh kita harus hanyut terbawa gelombang arus teknologi informasi yang senantiasa selalu bergerak maju lebih cepat? Sudah saatnya semua perkembangan yang ada kita ikuti dengan mengambil peran yang tepat sesuai dengan keahlian dan profesi masing-masing yang dimiliki.

Salah satu bidang yang tersentuh dampak perkembangan teknologi ini adalah dunia pendidikan. Sebagai sebuah sumber informasi yang hampir tak terbatas, jaringan internet memenuhi kapasitas untuk dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran pembelajaran dalam dunia pendidikan.

Bahkan, beberapa perguruan tinggi ternama mencanangkan lahirnya sistem pembelajaran yang berbasiskan teknologi jaringan ini. Seperti dengan lahirnya konsep tentang distance learning, web-based education dan learning yang jika ditinjau dari implementasinya mempunyai wujud yang hampir sama, yaitu memanfaatkan fasilitas jaringan internet dan teknologi informasi sebagai salah satu sarana dan media dalam pendidikan dan pengajaran.

Melihat perkembangan fenomena ini, akan sangat tertinggal dunia pendidikan kita jika tidak bisa memanfaatkan teknologi internet. Setidaknya tenaga pendidik (guru/dosen) mampu dan menganjurkan pemanfaatan resources yang ada di internet sebagai salah satu sumber pembelajaran maupun bahan pengajaran.

Semoga ketertinggalan masyarakat kita dalam memanfaatkan teknologi informasi ini, khususnya teknologi internet, selangkah demi selangkah namun pasti akan dapat berdiri sejajar dengan masyarakat dunia yang ada sampai saat ini.

Related For Internet bagi dunia pendidikan

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori