Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Internet sebagai sumber dan sarana pendidikan

25 Februari 2012 | Internet

Internet sebagai sumber dan sarana pendidikan. Perkembangan internet yang begitu pesat telah mengubah banyak aspek dalam proses komunikasi data komputer. Setelah jaringan internet berubah menjadi jaringan global, banyak aplikasi baru berkembang untuk menunjang efektifitas dan fleksibilitas lintas data dalam jaringan internet.

Internet berubah menjadi topik yang selalu up-to-date untuk dibicarakan pada tingkat riset dan materi perkuliahan diperguruan tinggi diseluruh dunia. Perubahan yang amat pesat ini akhirnya mengubah pola pemanfaatan internet oleh perguruan tinggi yang semula hanya untuk riset menjadi sarana untuk mempublikasikan hasil riset tersebut.

Ide-ide tentang pemanfaatan jaringan global ini sebagai sarana pengajaran telah melahirkan banyak hal, yang semula hanya berupa CBT (Computer-Based Training) menjadi WBT (Web-Based Training). Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu proses komunikasi informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan/ilmu pengetahuan.

Unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri. Beberapa bagian unsur ini mendapat sentuhan media teknologi informasi sehingga mencetuskan lahirnya ide tentang e-learning.

Internet sebagai sumber dan sarana pendidikan

E-learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika, khususnya perangkat komputer. Oleh karena itu e-learning sering juga disebut online course. Dalam berbagai literatur, e-learning tidak dapat dilepaskan dari jaringan internet, karena media ini yang dijadikan sarana untuk penyajian ide dan gagasan pembelajaran. Namun, dalam perkembangannya masih dijumpai kendala dan hambatan untuk mengaplikasikan sistem e-learning ini, antara lain:

  1. Masih kurangnya kemampuan menggunakan internet sebagai sumber pembelajaran.
  2. Biaya yang diperlukan masih relatif mahal untuk tahap-tahap awal.
  3. Belum memadainya perhatian dari berbagai pihak terhadap pembelajaran melalui internet.
  4. Belum memadainya infrastruktur pendukung untuk daerah-daerah tertentu.

Selain kendala dan hambatan di atas, kelemahan lain yang dimiliki oleh sistem e-learning adalah hilangnya nuansa pendidikan yang terjadi antara pendidik dengan peserta didik, karena yang menjadi unsur utama dalam e-learning adalah pembelajaran.

Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut dikemukakan suatu pokok pikiran atau ide untuk mengkolaborasikan e-learning dengan sistem pembelajaran tradisional di ruangan kelas (classroom-learning). Artinya, jaringan internet dimanfaatkan sebagai sumber dan sarana pembelajaran, sedangkan proses pembelajara tetap dilaksanakan di ruang kelas.

Dalam hal ini, internet dijadikan sebagai sumber dan sarana pendistribusian informasi yang akan disampaikan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Berkaitan dengan sistem pembelajaran klasik (classroom-learning), pemanfaatan ini dapat diimplementasikan menjadi poin-poin sebagai berikut:

  1. Browsing
  2. Resourching
  3. Consulting dan Communicating.

Related For Internet sebagai sumber dan sarana pendidikan

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori