Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

IP Address (update)

6 April 2012 | Internet

Apa itu IP address? Mungkin bagi yang menekuni bidang internet bukan hal yang asing lagi. Tetapi bagi yang awam mungkin akan bertanya-tanya apa itu IP address. Menurut Wikipedia, Internet Protocol Address yang di singkat IP Address adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.

Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP. Pada pembahasan selanjutnya (dalam artikel ini) yang disebut sebagai IP Address adalah IP Address versi 4.

IP address bisa juga diartikan alamat dari komputer kita di internet, atau bahas lugasnya alamat rumah anda sendiri dalam kehidupan sehari-hari di dunia nyata. IP address itu terdiri dari nomor-nomor unik yang pasti berbeda dari komputer satu dengan komputer lainnya.

Dalam bahasa intelektualnya IP address adalah sistem pengalamatan di jaringan internet yang di representasikan dengan sederetan angka yang dikombinasikan antara 4 Deret bilangan, yaitu antara 0 sampai 255 yang masing-masing dipisahkan dengan tanda titik. Misalnya : 182.6.136.87.

Lalu bagaimana cara mengetahui alamat IP anda sendiri? Mudah. Silahkan pergi ke http://www.spyber.com/ atau http://www.whatismyip.com/, lihatlah di sana. Saya kira tak perlu saya jelaskan dengan cepat anda akan mengetahuinya. “Selamat mencoba”

tags:

Related For IP Address (update)