Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Jangan bingung dengan diri anda

24 Mei 2011 | Intelegensi

Jangan bingung dengan diri anda. Tanpa disadari, hidup dan tingkah laku kita lebih banyak dipengaruhi oleh pendapat orang lain. Terkadang kita sempat lupa siapa diri kita sebenarnya, karena diombang-ambingkan oleh pendapat orang lain. Padahal hingga kapanpun manusia tidak akan pernah selesai untuk membicarakan manusia lainnya.

Efek yang sangat berbahaya dari kebiasaan di atas adalah merusak tatanan sillaturahmi yang sudah dibangun selama ini. Ketika seseorang berhasil, dia tidak luput dari pembicaraan orang lain, begitu pula jika mengalami kegagalan. Bahkan ketika sudah meninggal pun masih ada saja orang yang membicarakan.

Bahkan seorang filsuf pernah bertutur “Bumi akan berlalu, namun kebiasaan membicarakan orang lain tidak akan pernah berhenti. Setidaknya bagi sesama iblis yang saling membicarakan keburukan dirinya sendiri”.

Ketika kehidupan terasa begitu sulit dan otak seperti tidak mampu diputar lagi untuk memecahkan masalah, maka pendapat orang lain yang berguna bagaikan solusi yang baik untuk membantu kita menuju jalan keluar. Namun tidak heran, ada banyak pendapat yang membingungkan sehingga kita malah tidak mampu mengambil keputusan secara jitu.

Lantas apa yang harus kita lakukan?

Pertama adalah dengan menetapkan tujuan dan standar pribadi. Peristiwa apa yang kita alami sesungguhnya kitalah yang paling tahu dan paling mampu untuk merasakannya. Jadi usahakan dengan seksama untuk mengenali lebih dahulu apa sebenarnya yang menjadi permasalahan kita. Jangan terburu-buru untuk melibatkan orang lain. Daripada langsung melibatkan orang lain, mengapa kita tidak “berkonsultasi” dan menyampaikan pergumulan pribadi kepada Sang Pencipta melalui do’a?

Kedua adalah dengan belajar menuliskan kronologis masalah yang sedang dihadapi, mulai dari awal hingga saat ini. Disini peran orang terdekat seperti suami/istri untuk meletakkan objektivitas masalah sangat penting. Dengan memindahkan masalah ke dalam tulisan, secara tidak langsung kita telah memformulasikan masalah dengan tepat.

Ketiga adalah mulai menyusun alternatif pemecahan masalah. Jika perlu melibatkan orang lain kita dapat mencari mereka yang mengerti masalah kita dan memiliki watak yang baik serta tidak “panjang mulut”.

Sebaiknya tidak mengobral apa yang kita alami kepada khalayak ramai, karena hal ini akan mengundang masukan-masukan yang sulit disaring yang justru akan mengaburkan langkah-langkah pemecahan masalah.

Pendapat orang lain sangat baik bagi prooses pembelajaran, namun dengan menempatkan pendapat mereka sebagai bahan analisis akan sangat membantu kita untuk menetapkan langkah-langkah yang pasti. Jangan biarkan orang lain mengambil keputusan atas permasalahan yang kita hadapi. Sebab hanya kitalah yang lebih tahu apa sesungguhnya yang terjadi.

tags:

Related For Jangan bingung dengan diri anda