Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Java script

22 Juni 2011 | Blogger

JavaScript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan “LiveScript” dan berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2.

Pada masa awal rilis, bahasa itu banyak dikritik karena kurang aman. Tidak ada pesan kesalahan yang ditampilkan saat kita membuat kesalahan program. Kemudian sejalan dengan kerja sama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman Java) pada masa itu, maka Netscape memberi nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 Desember 1995.

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang sederhana karena bahasa itu tidak dapat digunakan untuk membuat aplikasi ataupun applet. Dengan Java script kita dapat dengan mudah membuat sebuah halaman web yang interaktif. Program JavaScript dituliskan pada file HTML (*.htm atau *.html). Dengan kata lain anda tidak perlu menuliskan program JavaScript pada file terpisah (walaupun anda juga bisa melakukannya).

Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah di sisi klien, yang artinya di sisi browser bukan di sisi server web. JavaScript bergantung kepada browser (navigator) yang memanggil halaman web berisi script. JavaScript tidak memerlukan kompilator atau penerjemah khusus untuk menjalankannya.

JavaScript kita tidak mungkin menyembunyikan kode script yang kita tulis. Kode langsung ditulis dalam dokumen HTML dan sangat mudah terlihat. JavaScript adalah bahasa yang “case-sensitive”, artinya, membedakan penanaman variabel dan fungsi yang menggunakan huruf besar dan huruf kecil.

Contoh, variabel atau fungsi dengan nama WAHANA berbeda dengan variabel dengan nama wahana. Setiap iknstruksi diakhiri dengan karakter titik koma ( ; ). Script dari JavaScript terletak di alam dokumen HTML. Scriot dari JavaScript mempunyai bentuk seperti berikut :

<SCRIPT language=”JavaScript”>

letakkan sript anda di sini

</SCRIPT>

Itulah sedikit pengertian Java script. Semoga berguna.

Related For Java script

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori