Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Jenis jenis Sablon Kaos

3 Mei 2011 | Sablon

Jenis jenis Sablon Kaos. Secara umum jenis sablon yang sering digunakan pebisnis sablon T-Shirt ada 2 jenis, yaitu : sablon manual dan sablon digital. Sablon manual sendiri terdiri dari beberapa macam, yang diantaranya adalah :

1. Sablon Sparasi

Sparasi adalah proses pemisahan warna desain untuk dijadikan film. Ada dua jenis sparasi yaitu, Spor color atau warna blok yang biasanya untuk desain berbentuk vektor, dan process color untuk raster.. Disebut process color karena sudah ada pemisahan warna untuk cat plastisol. Kita juga bisa memakai cat rubber, namun hasilnya akan kurang maksimal, karena keunikan cat plastisol adalah bisa ditumpuk ketika masih basah, sehingga warnanya bisa bercampur.

2. Sablon Glitter
Jenis sablon ini memakai tinta campuran serbuk halus dan kasar. Semakin kasar serbuknya, maka semakin renggang pula jenis screen yang digunakan.

3. Sablon Foil
Jenis teknik sablon ini menggunakan bahan kertas logam seperti kertas foil yang biasa dipakai untuk membuat kartu undangan.

4. Sablon High Density
Sablon jenis ini adalah sablonan timbul dari jenis plastisol. Untuk jenis rubber disebut foam (timbul busa). Bedanya, sablon timbul dengan High Density akan menghasilkan kotak presisi, sedangkan foam akan menghasilkan timbul yang melengkung.

5. Sablon High Frequecy
Sablon dengan cat plastisol yang memakai raster-raster kecil sehingga disebut High Frequecy, karena rasternya sangat rapat (antara 55-60 pdi atau dot per inci).

6. Sablon Aspal
Inilah sablonan untuk salah satu jenis plastisol. Bentuknya biasanya hitam, agak kasar dan mengkilat.

7. Sablon Digital
Pada sablon biasa, sulit mengerjakan 50 buah kaos dengan 50 gambar berbeda. Harganya tentu akan mahal, karena masing-masing gambar membutuhkan screen sablon terpisah. Lain halnya dengan prinsip kerja sablon digital yang cepat, efisien, ringkas dan lebih murah dari sablon manual.

Related For Jenis jenis Sablon Kaos