Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Jenis surat menurut jenisnya

20 Januari 2014 | Sastra

Jenis surat menurut jenisnya. Masih ingatkah dahulu sebelum ponsel merebak di negeri ini? Kita sering mengirim surat kepada teman, keluarga dan bahkan kepada pacar. Mungkin sekarang terdengar kuno, tetapi menurut saya ada sesuatu yang unik ketika kita membuat surat, mengirimkannya lewat pos dan di terima sang sahabat di baca dan menerima balasan he he… pengalaman pribadi waktu SMA.

Namun, sekarang berkirim surat sudah tidak jamannya lagi, cukup ketik di hp lalu kirim lewat sms beres. Tapi meski demikian, saya akan menulis jenis-jenis surat sambil mengingat masa lalu. Tetapi untuk kepentingan tertentu surat juga masih digunakan, contoh surat resmi dari pemerintah, urat kuasa, surat wasiat dll.

Sesuai dengan kedudukan si pembuat surat, maka menurut jenis surat dapat di bedakan sebagai berikut :
1. Surat Keluarga
Yaitu surat menyurat yang bersifat kekeluargaan dalam pergaulan hidup sehari-hari, misalnya antara sahabat dengan sahabat, orang tua dan anak, seorang adik yang mengirim surat kepada kakaknya dan sebagainya.

2. Surat Niaga
Yaitu surat menyurat yang di tulis oleh orang-orang atau badan-badan yang bergerak di bidang dunia usaha, dunia bisnis, dalam lapangan perniagaan. Lainnya berkisar masalah perdagangan, menawarkan barang, memesan dagangan, memprotes suatu kiriman barang yang tak sesuai dengan pesanan, menagih utang dan sebagainya.

Surat niaga dibuat oleh Badan Usaha Perorangan, Persekutuan, Firma, Perseroan Komanditer, Perseroan Terbatas, Koperasi, Bank dan sebagainya.

3. Surat Dinas
Surat yang isinya berhubungan dengan masalah-masalah kedinasan. Surat dinas dapat dikirim oleh seorang individu kepada suatu jawatan, misalnya surat lamaran pekerjaan. Dapat juga dikirim oleh sebuah jawatan kepada perseorangan, misalnya surat keputusan naik gaji, surat panggilan kerja, surat keputusan PHK dan sebagainya.

Dapat juga surat dinas antar jawatan atau antar instansi. Misalnya surat pengumuman atau surat edaran dll.

4. Surat Resmi
Yang termasuk dalam golongan surat resmi ialah surat yang sifatnya resmi dan mempunyai kekuatan hukum. Surat ini dapat digunakan sebagai bukti di pengadilan. Yang digolongkan sebagai surat resmi adalah surat perjanjian, surat kuasa, surat wasiat, surat undangan dari suatu organisasi, surat untuk menghadiri resepsi dan sebagainya.

Itulah 4 jenis surat menurut jenisnya yang masing-masing memiliki ciri khusus.

tags: ,

Related For Jenis surat menurut jenisnya