Kalimat menawarkan bantuan yang baik dan sopan

Diposting pada

Kalimat menawarkan bantuan yang baik dan sopan. Hidup di dunia merupakan suatu kebersamaan. Hampir mustahil kita dapat hidup tanpa keberadaan orang lain. Dan dalam kebersamaan itu kita saling membutuhkan, saling membantu. Suatu saat kita mendapat bantuan dari orang lain. Pada saat yang lain kita membutuhkan pertolongan. Hidup kita ini dalam kegotong-royongan. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing.

Kita dapat memberikan bantuan kepada orang lain, tetapi kita menawarkan bantuan harus kita ucapkan dalam bahasa yang baik dan sopan. Jangan sampai timbul kesan kita ingin memaksakan sesuatu.

Mungkin kita secara ikhlas ingin membantu, tetapi karena ungkapan bahasa kita tidak berkenan pada orang lain, tidak mustahil orang akan menolak tawaran yang kita berikan. Padahal orang tersebut sebenarnya memerlukan bantuan.

Di sini nyata sekali peranan bahasa yang baik dan sopan itu. Mari kita perhatikan beberapa contoh kalimat penawaran di bawah ini :
– Bila Ibu tidak keberatan, saya dapat membantu Ibu membawakan koper ini.
– Mari Dik, saya bantu mengangkat belanjaan Adik.
– Biarlah saya bawakan tas Bapak ke mobil.
– Bolehkah saya mengantar Nyonya, kebetulan saya juga akan ke sana.
– Bila Anda setuju, saya bersedia menyelesaikan masalah itu.
– Paman tak usah repot-repot, biar saya saja yang mencari taksi.
– Abang silahkan tunggu saja di sini, saya yang akan pergi ke apotek.
– Nenek jangan cemas, kami akan mengantar Nenek sampai ke terminal.

Begitulah cara menawarkan bantuan dengan baik dan sopan, sehingga tidak terkesan menekan atau memaksakan kepada orang yang ditawari.

Gambar Gravatar
Situs Informasi dan Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *