Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Kartu video, monitor dan directx

17 Juni 2014 | Komputer

Kartu video, monitor dan directx, apakah ini? Merupakan hardware komputer yang mendukung kinerja komputer. Berikut penjelasan masing-masing.

Kartu video

Untuk mengetahui kartu video yang dimiliki komputer kita berikut langkahnya:

1. Buka Control Panel.

2. Klik Appearance and Personalization, klik Personalization dan klik Display Settings.

Monitor

Saat windows diinstall tidak mengenali kartu video dalam komputer. Windows akan menginstalkan driver video generik. Driver ini biasanya tidak memberikan resolusi yang optimal dibanding dengan driver yang diberikan untuk kartu video.

Jadi pastikan kita menginstal driver yang cocok untuk kartu video yang dimiliki. Pergilah ke website pabrik pembuat dan download drivernya di sana. Tetapi, anda harus tahu model dari kartu video yang anda punya.

Mengatasi masalah yang terjadi pada monitor CRT (garis horisontal, kedipan, atau interferensi)

Monitor-monitor CRT memang lebih mudah terinterferensi dibanding LCD. Interferensi dapat ditimbulkan oleh peranti elektronik di sekitarnya, terutama yang mengandung magnet, seperti televisi, radio, kipas angin dan sebagainya.

Untuk menghilangkan pengaruh ini, kita cukup menjauhkan peranti-peranti penyebab interferensi tersebut dari komputer, atau komputer dan monitor itu sendiri yang dipindahkan.

Toubleshoot directx

Directx merupakan teknologi windows yang memasukkan komponen-komponen video, animasi dan suara yang membuat kinerja komputer lebih bertenaga terhadapa program-program multimedia seperti game dan movie.

Tersedia Directx diagnostic Tool ini memberikan sarana troubleshoot permasalahan-permasalahan Directx. Tool ini memberikan informasi seputar sistem kita, seperti kecepatan memori dan prosesor, juga versi Directx yang diinstal.

Tampilan tidak muncul setelah resolusi monitor diubah

Kebanyakan monitor video memiliki range resolusi tertentu yang mampu ditampilkan. Jika kita memberikan nilai yang lebih tinggi dari range tersebut, tampilan monitor akan terganggu, atau sama sekali tidak menampilkan apa-apa.

Normalnya, saat mengubah resolusi, windows akan menunggu beberapa waktu untuk konfirmasi kita, apakah ingin menjaga resolusi tersebut. Jika tidak ada konfirmasi, windows mengubah resolusi ke nilai sebelumnya. Tetapi jika kita memberikan konfirmasi, dan ternyata monitor tidak menampilkan resolusi baru, maka perlu merestart windows dalam Safe Mode dan menset ulang resolusi ke nilai yang diterima monitor.

Teks di monitor tampil kabur

Windows menggunakan teknologi ClearType untuk membuat teks-teks lebih mudah dibaca pada layar. Pada beberapa monitor mungkin perlu menghidupkan (on) atau mematikan (off) fitur ini.

Error kartu video berbeda untuk monitor

Windows vista menggunakan teknologi Windows Display Driver Model (WDDM) yang lebih stabil, yang tidak mengijinkan kita menggunakan lebih dari satu driver video saat menggunakan multi monitor pada sebuah komputer. Error biasanya muncul saat di sana terdapat banyak kartu dari pabrikan berbeda, termasuk dukungan video built in dalam motherboard komputer.

Solusi untuk menggunakan multi monitor dengan lebih dari satu kartu video tanpa menimbulkan error, pastikan semua kartu menggunakan driver yang sama. Ini berarti menggunakan kartu video yang sama, atau kartu-kartu berbeda tetapi dari pabrik yang sama.

Related For Kartu video, monitor dan directx