Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Kebudayaan perunggu di Indonesia

13 Oktober 2012 | Culture

Kebudayaan perunggu di Indonesia. Seperti telah kita ketahui perkembangan kebudayaan di dunia ini tidak sama menurut situasi dan kondisi daerahnya masing-masing. Misalnya:
1. Di Mesir, kebudayaan perunggu telah berkembang lebih awal dari pada Eropa.
2. Di Eropa kebudayaan perunggu berkembang antara 1000 tahun sampai 2000 tahun sebelum Masehi. Jadi meliputi masa 1000 tahun lamanya.
3. Di Timur Tengah kebudayaan perunggu berkembang selama 2000 tahun dan lebih awal daripada Eropa.
4. Di Indonesia kebudayaan perunggu ini diperkirakan berkembang antara 300 sampai 400-an tahun lamanya, bahkan ada yang mengira lebih pendek lagi.

Menurut penyelidikan, ternyata kebudayaan perunggu di Indonesia ini yang masuk hanya kebudayaan perunggu yang akhir saja, artinya bukan kebudayaan perunggu yang permulaan berkembang. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kampak perunggu yang berbentuk kampak sepatu.

Sebab kampak perunggu yang bentuknya lebih tua, atau lebih permulaan masih menyerupai bentuk kampak dari batu. Yaitu, tangkainya diikatkan pada kampak atau kampaknya ditusukkan pada tangkainya. Sebaliknya kampak sepatu, tangkai kayunya yang dimasukkan ke dalam kampak sepatu.

Adapun kebudayaan perunggu di Indonesia itu datangnya dari Tiongkok Selatan, propinsi Yunan, melalui Tonkin terus masuk Malaya kemudian baru sampai di Indonesia. Di Indonesia peninggalan-peninggalan kebudayaan perunggu ini terdapat di beberapa daerah, yaitu: Sumatera Selatan., Jawa, Bali, beberapa kepulauan Nusa Tenggara dan Irian dengan danau Sentani.

Sering kebudayaan perunggu itu juga disebut kebudayaan Dongson, yaitu nama dusun di Tonkin di mana para sarjana mengadakan penyelidikannya, yang menghasilkan pembuktian bahwa kebudayaab di Indonesia itu datangnya langsung dari daerah tersebut.

Kecuali kebudayaan perunggu ini bahannya erat dengan gamelan, ada hal-hal lain yang sedikit banyak memberikan gambaran pertumbuhan dari salah satu instrumen karawitan yang tumbuh pada jaman ini, yaitu genderang perunggu.

Related For Kebudayaan perunggu di Indonesia