Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Kegiatan ekonomi di Indonesia dan penjelasannya

30 Januari 2015 | Business, Business

Kegiatan ekonomi di Indonesia dan penjelasannya. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan-kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dalam kehidupan masyarakat kita sering menemui orang-orang yang memenuhi kebutuhan hidupnya dengan melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi terdiri atas kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi.

1. Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi merupakan kegiatan manusia yang menghasilkan barang atau jasa. Kegiatan yang menghasilkan barang contohnya adalah bercocok tanam, mendirikan pabrik, dan usaha kerajinan. Sedangkan kegiatan yang menghasilkan jasa atau pelayanan, misalnya menjadi sopir angkot, tukang cukur, dokter, dan guru. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

Ada beberapa unsur yang diperlukan dalam melakukan kegiatan produksi, antara lain adalah modal, bahan-bahan dasar, dan tenaga kerja. Jika salah satu unsur ini tidak ada, maka kegiatan produksi tidak bisa dilakukan.

2. Kegiatan Distribusi

Kegiatan Distribusi merupakan kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan distribusi sangat bermanfaat agar barang-barang dan jasa dapat tersalurkan ke semua tempat. Para pelaku distribusi disebut distributor.

Jika produksi berhubungan langsung dengan konsumen disebut distribusi langsung. Tetapi, jika produsen menjual barangnya kepada pedagang disebut distribusi tidak langsung.

Dalam distribusi tidak langsung, pedagang mempunyai peranan yang besar dalam menyalurkan barang ke konsumen. Contoh distribusi langsung yaitu : peternak ayam menjual telur ayam langsung ke konsumen. Sedangkan contoh distribusi tidak langsung, yaitu petani menjual beras kepada pedagang.

3. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menggunakan atau menghabiskan hasil produksi. Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan terakhir dalam kegiatan ekonomi. Contoh kegiatan konsumsi adalah makan nasi, minum susu, berpakaian, memakai sepatu, dan naik angkot. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Sedangkan konsumen juga disebut dengan pemakai.

Related For Kegiatan ekonomi di Indonesia dan penjelasannya