Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Kegiatan ekonomi perkebunan di Indonesia

1 Februari 2015 | Business, Business

Usaha perkebunan dapat dilakukan di dataran tinggi dan dataran rendah. Tanaman yang cocok untuk perkebunan di dataran tinggi antara lain, teh, kopi, cengkih, strowbery dan sayur-sayuran. Memang tanaman-tanaman tersebut hanya cocok jika di tanam pada dataran tinggi. Anda bisa membuktikannya jika mungkin suatu saat pergi ke gunung, coba lihat tanaman apa saja yang ada di sana.

Sedangkan tanaman yang cocok untuk perkebunan di dataran rendah antara lain kelapa, tebakau, dan pepaya. Coba perhatikan ketika anda melihat tanaman-tanaman yang telah disebutkan di atas! Apakah tempat tersebut benar dataran rendah?

Hasil perkebunan tidak semua dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Akan tetapi harus diolah terlebih dahulu baru bisa dikonsumsi. Pengolahan pun melalui proses yang tidak sebentar, hingga menghasilkan suatu produk baru yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Contohnya : minyak goreng yang dipakai untuk memasak. Minyak tersebut berasal dari perkebunan kelapa sawit. Kelapa sawit diolah melalui proses produksi di pabrik menjadi minyak goreng. Untuk sampai ke konsumen, minyak harus disalurkan oleh pedagang dan pengecer.

Itulah sekilas info tentang Kegiatan ekonomi perkebunan di Indonesia. Meskipun pendek, semoga menambah wawasan tentang apa itu perkebunan.

Related For Kegiatan ekonomi perkebunan di Indonesia