Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Kekurangan yodium bisa menurunkan kecerdasan anak

14 Maret 2013 | Health

Kekurangan yodium bisa menurunkan kecerdasan anak. Kebutuhan yodium memegang peran yang sangat penting bagi pertumbuhan kecerdasan manusia, khususnya anak-anak pada masa pertumbuhan.

Berdasarkan hasil penelitian terakhir yang dilakukan di Jakarta, sebagian besar anak-anak sekolah yang ada malas belajar. Dan semua itu karena mereka memiliki kadar yodium rendah, hal ini berakibat menurunnya nilai rata-rata kelas, teruta,a pada pelajaran-pelajaran yang menentukan seperti matematika, fisika dan biologi. Dan kondisi ini jelas memprihatinkan, sebab secara tidak langsung menghambat kecerdasan anak-anak.

Gangguan akibat kekurangan yodium (GAKY) merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan retardasi mental, namun sebelumnya sangat mudah dicegah.

Penyakit ini bisa disebut defisiensi yodium atau kekurangan yodium. Penyakit tersebut sangat sedikit diketahui oleh masyarakat dan mungkin masih merupakan problem yang ditelantarkan.

Saat ini diperkirakan 1.6 milyar penduduk dunia mempunyai resiko kekurangan yodium, dan 300 juta menderita gangguan mental akibat kekurangan yodium.

Ada beberapa pendapat yang salah dan kenyataan yang berbeda. Pensdapat yang salah, misalnya garam beryodium dapat mengobati GAKY seperti kretin, namun kenyataan GAKY tidak dapat diobati kecuali hanya dicegah.

Juga pendapat yang salah, bahwa mengkonsumsi yodium sangat berbahaya, kenyataannya mengkonsumsi yodium dalam jangka lama tidak berbahaya.

Related For Kekurangan yodium bisa menurunkan kecerdasan anak

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori