Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Ketika manusia menginjak usia tua

8 Mei 2015 | Health
Ketika manusia menginjak usia tua. Ditinjau dari pertumbuhan dan perkembangan manusia, masa tua adalah masa berakhirnya perkembangan fisik. Pada masa itu tubuh manusia tidak mengalami pertumbuhan tinggi badan. Masa pertumbuhan manusia terhenti setelah usia 20 tahun.
Pada usia antara 30 sampai 50 tahun manusia berada di masa pertengahan tua. Pada umumnya, selama menginjak masa tua akan terjadi penurunan perkembangan fisik. Orang di usia ini sistem peredaran darah dan pernapasannya mulai berkurang efisiensinya. Tulang-tulang agak mulai rapuh dan kulit sudah mulai keriput.
Pada usia 65 sampai 75 tahun manusia berada pada pertengahan lanjut usia. Di usia ini orang harus sudah istirahat dari kesibukan kerja. Masa ini biasanya diisi dengan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan atau hobi mereka, seperti kegiatan rekreasi atau kegiatan kemasyarakatan. Orang dengan umur di atas 70 tahun disebut lanjut usia. Pada umumnya orang kelompok umur ini memerlukan bantuan orang lain untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya.
Mengenali perkembangan emosional
Tahap-tahap pertumbuhan seorang anak dimulai dari masa dalam kandungan. Dari berbagai eksperimen telah diketahui bahwa hormon ibu dan stres dapat mempengaruhi janin di kandungan. Begitu bayi lahir, ia harus meneruskan pertumbuhannya sendiri sampai menjadi seorang yang dewasa.
Mula-mula bayi mempelajari sistem survival (mempertahankan kehidupan) yang paling utama, yaitu menghisap dan menelan. Begitu indra lainnya mulai berkembang, mulailah hubungan sosial dengan dunia luar.
Hubungan bayi dengan ibunya, baik kontak tubuh, pemberian susu, menimang, maupun kehangatan, semua itu penting sekali bagi pertumbuhan bayi tersebut. Seorang bayi kecil yang tak berdaya itu perlu merasakan suatu keamanan dan kasih sayang. Bayi yang tidak mendapatkan kesempatan belajar dan tidak mendapatkan hubungan sosial akan tumbuh menjadi anak yang terbelakang meskipun sesungguhnya ia tidak memiliki cacat mental apapun.
Kebutuhan seorang anak mulai dibentuk secara aktif dalam usia 2-3 tahun. Dalam usia ini anak-anak gemar sekali menirukan semua sikap dan tingkah laku orang tua atau orang-orang yang merawatnya. Seorang anak yang dirawat dengan penuh kasih sayang oleh orang tuanya akan memiliki perkembangan emosi yang baik.
Kasih sayang orang tua kepada anak dapat diwujudkan melalui memberi perhatian sepenuhnya, memberi jawaban atas pertanyaan yang diajukan, mengizinkan bermain dengan bebas selama tidak membahayakan, dan meluangkan waktu untuk bermain dengan anak lain.

Tokoh

Dr. Virginia Apgar pencipta timbangan Apgar
Dr. Virginia Apgar
Dr. Virginia Apgar menciptakan sebuah alat pengukur yang dikenal sebagai timbangan Apgar, yang digunakan untuk mengukur kondisi bayi yang baru lahir. Kondisi kulit bayi, kecepatan vokasionalnya, dan fungsi otot.
Semuanya diteliti dan diukur, kegunaan meneliti bayi yang baru lahir ini adalah untuk membantu menunjukkan kemungkinan adanya gangguan kesehatan bagi si bayi.
Demikian informasi online mengenai Ketika manusia menginjak usia tua, semoga bisa menjadi wacana bagi kita semua bagaimana kita menjalani kehidupan ini dan bagaimana kita merawat bayi si manusia kecil tanpa dosa dengan penuh kasih sayang agar mereka menjadi manusia yang memiliki jiwa sosial tinggi.

Related For Ketika manusia menginjak usia tua