Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Keuntungan menggunakan Excel

5 Juni 2014 | Office

Keuntungan menggunakan Excel. Fungsi-fungsi dalam Lotus 123 dan Quattro Pro memakai karakter @ sebagai awalan, dan menggunakan dua buah titik (..) untuk menyatakan range atau sampai dengan. Fungsi-fungsi Excel memakai karakter = sebagai awalan, dan titik dua (:) untuk menyatakan range atau sampai dengan.

Suatu keuntungan bagi pemakai Excel bahwa Anda dapat memasukkan, baik karakter @ maupun = sebagai awalan suatu formula, dan memakai .. maupun : untuk menyatakan range.

Apabila Anda menuliskan @SUM(A2..AI2), maka Excel akan menerjemahkan secara otomatis sebagai =SUM(A2:AI2). Namun demikian, tidak seluruh fungsi dalam Lotus 123 dan Quattro Pro dapat diterjemahkan oleh Excel. Salah satu contoh sederhana fungsi dari Lotus 123 dan Quattro Pro @AVG tidak dapat diterjemahkan sebagai =AVERAGE yang dimiliki Excel, namun akan menampilkan pesan kesalahan “Function not valid”.

Memasukkan Fungsi dengan Function Wizard

Function Wizard merupakan kemudahan yang disediakan bagi pemakai Excel untuk memasukkan fungsi-fungsi yang tersedia. Dengan fasilitas ini, Anda tidak perlu menghafal seluruh fungsi Excel yang jumlahnya 367 buah karena Anda akan dipersilakan memilih fungsi yang dikehendaki sesuaidengan kategori masing-masing.

Setelah fungsi terpilih, langkah selanjutnya yaitu akan diperlihatkan wizard kedua yang mempersilakan Anda memasukkan masing-masing argumennya. Untuk lebih jelasnya, langkah menggunakan Function Wizard adalah sebagai berikut:

1. Klik menu Insert, Function sehingga akan ditampilkan Function Wizard step I.

2. Pilih kategori yang dikehendaki pada kotak Or select a category sehingga pada kotak Select Function Name yang berada di bawahnya ditampilkan nama-nama fungsi Excel dari kategori yang dimaksud. Geserlah scroll bar bila nama fungsi yang dikehendaki belum nampak pada kotak tersebut.

3. Pilihlah fungsi yang dikehendaki dengan mengklik nama fungsi tersebut, kemudian klik tombol OK. Selain itu, Anda juga dapat mengklik ganda pada nama fungsi.

4. Pada Function Wizard step 2 “Function Argument” diperlihatkan kotak edit dari masing-masing argumen dari fungsi tersebut. Untuk mengisikan pada kotak edit tersebut Anda dapat mengklik kotak tersebut kemudian ketikkan argumennya. Apabila argumen berupa referensi sel, selain dengan cara mengetik alamat sel juga dapat dilakukan dengan mengklik maupun memblok sel atau range yang dikehendaki.

5. Setelah pengisian argumen selesai, akhiri dengan mengklik tombol OK.

Bantuan pada saat mengetikkan Fungsi

Jika Anda menuliskan fungsi secara manual dengan cara mengetikkan fungsi itu pada sel, maka Excel 2007 menyediakan bantuan secara otomatis dengan memberikan daftar pilihan fungsi sebagaimana yang Anda ketikkan.

Keuntungan menggunakan Excel
Contoh daftar nama fungsi yang sesuai dengan apa
yang Anda ketikkan disertai dengan keterangan kegunaan fungsi tersebut
Keuntungan menggunakan Excel

Semoga membantu.

Related For Keuntungan menggunakan Excel