Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Kiat agar jauh dari PHK

22 Juni 2012 | Intelegensi

Kiat agar jauh dari PHK. Persaingan hidup yang semakin meningkat, membuat setiap orang dewasa yang telah bekerja pada sebuah perusahaan, kata PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) sangatlah menakutkan. Kita semua sudah menyadari bahwa pekerjaan mempunyai makna yang sangat mendasar bagi manusia.

Melihat begitu pentingnya arti pekerjaan, tentunya jarang sekali ada seseorang yang mau kehilangan pekerjaannya. Kalaupun merasa sudah tidak cocok dengan pekerjaannya, jarang ada orang yang mau mengambil resiko membuang pekerjaan sebelum mendapatkan gantinya.

Selain itu, pertimbangan kelangsungan hidup keluarga pasti menjadikan point pertama. Bagaimana nantinya kehidupan keluarga jika anda tidak bekerja?

10 kiat agar tidak di PHK

Nah, bagi anda yang tidak mau kehilangan pekerjaan, kali ini saya akan memberikan 10 kiat agar anda tidak menjadi korban PHK.

1. Membantu perusahaan untuk berkembang
Beranikan diri untuk menawarkan rencana atau gagasan yang anda yakini dapat meningkatkan efisiensi dan keuntungan perusahaan. Dengan demikian, kontribusi anda bagi perusahaan dirasakan.

2. Komunikasi
Jangan segan-segan bertanya secara teratur kepada atasan tentang performance anda. Tidak perlu menunggu penilaian hasil kerja yang biasa dilakukan pada akhir tahun. Semakin cepat mengetahui kekurangan-kekurangan anda, semakin cepat pula diperbaiki.

3. Menjadi seorang bintang
Menjadi karyawan dengan prestasi kerja yang menonjol akan memberi nilai lebih bagi anda. Terimalah tanggung jawab ekstra yang dipercayakan kepada anda dengan tersenyum. Karyawan yang mempunyai sikap “Saya tidak mau mengerjakan apa yang bukan menjadi tanggung jawab saya”, biasanya akan menjadi orang pertama yang dibuang jika suatu saat perusahaan mengurangi jumlah karyawan.

4. Mengikuti perubahan dalam perusahaan
Tetaplah awas akan adanya merger, penyetopan rekrut karyawan (hiring freeze) dan percepatan pensiun di perusahaan. Ini semua adalah bentuk usaha perusahaan untuk mengurangi karyawan. Tidak ada salahnya anda bergabung dengan organisasi profesi atau yang berkaitan dengan pekerjaan untuk mengantisipasi keadaan tersebut.

5. Membina ketrampilan
Jangan segan untuk mempelajari pekerjaan baru atau menerima tanggung jawab baru. Hal-hal tersebut dapat menjadi batu loncatan untuk suatu promosi atau pekerjaan yang lebih baik di tempat lain.

6. Meng”update” resume
Setiap kali anda mendapatkan ketrampilan dan pengalaman baru berarti bertambah kaya pula resume anda. Resume baru tersebut harus mencerminkan bakat dan kemampuan anda yang memungkinkan beralih ke pekerjaan lain.

7. Membuat network
Walaupun saat ini anda sedang mempunyai pekerjaan, akan lebih baik jika tetap punya daftar teman baik di dalam maupun di luar perusahaan yang dapat di hubungi bila suatu saat anda mencari pekerjaan.

8. Memperbaiki ketrampilan wawancara
Kemampuan menjawab pada waktu diwawancarai untuk suatu pekerjaan sangatlah menentukan. Anda perlu mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan rumit. Misal: “Mangapa Saudara mau bekerja di perusahaan ini?”, atau “Bisa mencerminkan apa saja kelemahan Saudara?”

9. Cara berpakaian
Penampilan adalah salah satu aspek pribadi yang dapat dijual. Cara berpakaian dan penampilan yang pas membuat anda disukai orang.

10. Memonitor hasil kerja
Anda dapat membuat catatan pencapaian hasil kerja pribadi, setiap bulan misalnya. Anda menjadi sadar kemampuan apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk promosi, atau mencari pekerjaan lain.

Bila ke-10 kiat di atas dapat dilaksanakan, insyaAllah anda akan jauh dari PHK. Malah justru anda akan selalu dipertahankan oleh perusahaan sebagai asset yang berharga.

tags:

Related For Kiat agar jauh dari PHK