Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Klasifikasi Dua Kingdom

17 Mei 2014 | Biologi

Klasifikasi dua Kingdom telah dicetuskan sejak zaman Aristoteles, yaitu organisme dibedakan dalam dunia tumbuhan dan dunia hewan. Pembagian ini sangat sesuai untuk organisme, seperti kucing, anjing, kupu-kupu, tomat, kentang dan organisme lain yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan tampak jelas perbedaannya antara tumbuhan atau hewan.

Beberapa organisme baru diketahui termasuk hewan atau tumbuhan, setelah ditemukan mikroskop dan bahan-bahan kimia yang dapat membantu penelitian biologi. Bagaimana klasifikasi organisme yang tidak memiliki ciri-ciri yang dimiliki tumbuhan maupun hewan?

Contoh :

1. Beberapa organisme bersel satu mempunyai klorofil, hidup dalam air dan dapat bergerak aktif.

2. Jenis jamur mempunyai ciri-ciri tumbuhan, tetapi tidak berklorofil sehingga tidak dapat membuat makanannya sendiri. Organisme ini menyerap makanan dari lingkungannya.

3. Bakteri banyak jenisnya yang tidak dapat berfotosintesis. Seperti halnya jamur organisme ini menyerap makanan dari lingkungannya. Beberapa jenis bakteri dapat bergerak, tetapi ada pula yang tidak dapat bergerak. Bakteri memiliki dinding sel seperti halnya ciri tumbuhan, tetapi bahan penyusunannya berbeda dengan bahan penyusun dinding sel tumbuhan.

Demikian sekilas informasi online mengenai Klasifikasi Dua Kingdom, semoga menjadi tambahan pengetahuan.

Related For Klasifikasi Dua Kingdom