Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Kronologi dipaksakan pengguna facebook pro dan kontra

27 Januari 2012 | Internet

Kronologi dipaksakan pengguna facebook pro dan kontra. Jakarta-Munculnya fitur kronologi facebook banyak menimbulkan pro dan kontra para pengguna jejaring sosial yang satu ini. Ada yang menyambut gembira ada pula yang sebaliknya justru resah dibuatnya. Entah apa yang mereka resahkan.

Padahal menurut saya semua lebih terbuka tak banyak yang tersembunyi. Keputusan Facebook mewajibkan fitur Timeline bagi semua pengguna terbilang nekat. Bagaimana tidak, jejaring sosial raksasa ini seolah tidak peduli dengan keinginan pengguna. Suka atau tidak, mereka dipaksa menggunakan fitur tersebut.

Seperti diketahui, Facebook mulai merilis notifikasi bahwa fitur kronologi/timeline tersebut akan segera diberlakukan. Para penggunanya diberi waktu tujuh hari untuk melakukan ‘bersih-bersih’, memilah apa saja yang tidak dan ingin ditampilkan pada halaman profil mereka.

Perubahan ini, nantinya tak hanya membuat profil menampilkan postingan dan status terbaru, tetapi juga seluruh sejarah penggunaan akun si pengguna. Ini membuat apapun yang pernah pengguna lakukan, tak hanya update status tetapi juga postingan foto, video dan aktivitas mereka dari tahun ke tahun akan muncul dalam satu layar.

Facebook sepertinya lupa, pemaksaan ini bisa melanggar hak privasi pengguna. Mereka pun tidak diberi pilihan untuk tidak menggunakan fitur ini seandainya tidak menginginkannya. Akibatnya bisa ditebak, kritik mulai mengalir dari sebagian pengguna seiring fitur ini segera diberlakukan.

Tetapi menurut saya, rasanya tak ada yang mesti dirisaukan, karena semua privacy tetap bisa anda atur menurut keinginan. Semua peristiwa yang ada bisa anda munculkan bisa juga anda sembunyikan, tak jauh berbeda dengan tampilan yang lama.

Bagaimana dengan Anda? Lebih suka Facebook menggunakan kronologi/timeline atau sebaliknya?

Related For Kronologi dipaksakan pengguna facebook pro dan kontra