Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Kronologi uji coba system penyimpanan foto Facebook

8 Februari 2012 | Internet

Kronologi uji coba system penyimpanan foto Facebook. Ribuan bahkan jutaan foto di unggah di facebook oleh penggunanya, baik sekedar mejeng atau untuk menunjukkan suatu kegiatan tertentu. Namun, terkadang setelah diunggah anda merasa tak nyaman, tak ayal anda hapus foto yang telah diunggah. Tetapi, tahukah anda jika sebenarnya foto tersebut belum terhapus dengan sepenuhnya?

Foto yang Anda hapus memang tidak akan muncul di halaman akun Anda, namun jika Anda menyimpan link URL dari foto itu, Anda masih dapat membukanya. Sistem penyimpanan foto milik Facebook tidak secara otomatis menonaktifkan link foto setelah foto dihapus.

Setelah Anda menghapus foto dari akun, tidak berarti foto tersebut segera lenyap dan tidak dapat dibuka lagi. Nyatanya, foto-foto yang sudah dihapus tiga tahun lalu pun masih bisa dilihat sampai saat ini.

Seperti diberitakan Daily Mail, Facebook mengaku sistem yang mereka miliki tidak selalu langsung menghilangkan foto-foto pada saat dihapus.

Foto yang Anda hapus memang tidak akan muncul di halaman akun Anda, namun jika Anda menyimpan link URL dari foto itu, Anda masih dapat membukanya. Sistem penyimpanan foto miliknya tidak secara otomatis menonaktifkan link foto setelah foto dihapus.

– Sebagai eksperiment anda bisa coba dengan foto anda sendiri. Caranya, sebelum anda menghapus sebuah oto anda, buka foto lalu klik kanan, pilih Salin URL gambar. Buka notepad, dan paste URL tersebut di notepad. Kemudian hapus foto anda.

– Untuk membuktikan apakah foto anda sudah benar-benar terhapus, copy seluruh kode URL yang anda pastekan di notepad tadi, lalu buka tab baru dan pastekan kode URL tadi di sana.

– Lihat hasilnya, masih dan tidaknya anda tak bisa berbuat banyak, karena foto anda telah tersimpan di lemari ┬ádokumen facebook he hee….

Jejaring sosial besutan Mark Zuckerburg ini telah berkali-kali berjanji akan memperbaiki masalah di sistem penyimpanan foto, namun kegagalan teknis masih saja terjadi.

Beberapa waktu lalu, situs tekno Ars Technica melansir sebuah foto bugil yang diakui sudah dihapus sejak tahun 2008, namun masih bisa dibuka saat ini.

Para penggemar tekno jelas tidak terima dengan penyalahgunaan foto-foto pribadi milik para pengguna Facebook.

Terang saja, foto tidak akan dihapus jika tidak ada alasan tersendiri, seperti menampilkan aktivitas yang memalukan atau tidak sedap dipandang.

Kekecewaan para penggunanya akan sistem penyimpanan foto, cukup terobati saat peluncuran tampilan Timeline belum lama ini. Selain menjajal tampilan baru, Facebook juga tengah menguji coba sistem penyimpanan foto paling baru.

“Kami telah berusaha keras memindahkan penyimpanan foto kami ke sistem baru yang akan menghilangkan foto selambat-lambatnya 45 hari setelah foto dihapus”, tutur salah seorang juru bicara Facebook.

Proses ini nyaris selesai dan tinggal beberapa persen pengguna yang masih menggunakan sistem lama yang masih menunggu proses migrasi, pungkasnya.

Related For Kronologi uji coba system penyimpanan foto Facebook