Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Macam macam hutan menurut fungsinya

1 Februari 2015 | Info

Macam macam hutan menurut fungsinya. Kehutanan adalah kegiatan menggunakan hasil hutan. Hutan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Manfaat hutan, misalnya penghasil kayu, mencegah banjir dan erosi, sebagai obyek wisata, serta sebagai paru-paru dunia. Hasil hutan antara lain, kayu, rotan dan damar.

Berdasarkan fungsinya, hutan dibedakan menjadi empat jenis, antara lain sebagai berikut :

1. Hutan Wisata, adalah hutan yang dijadikan suaka alam yang ditujukan untuk melindungi tumbuh-tumbuhan serta hewan/binatang langka, agar tidak musnah atau punah di masa yang akan datang. Biasanya hutan wisata menjadi tempat rekreasi dan tempat penelitian.

2. Hutan Cadangan, merupakan hutan yang dijadikan sebagai lahan pertanian dan pemukiman penduduk.

3. Hutan Lindung, adalah hutan yang difungsikan sebagai penjaga keteraturan air dalam tanah (fungsi hidrolisis), menjaga tanah agar tidak terjadi erosi serta untuk mengatur iklim (fungsi klimatologis) sebagai penanggulangan pencemaran udara seperti karbon dioksida dan karbon monoksida.

4. Hutan Produksi / Hutan Industri, adalah hutan yang dapat dikelola untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi. Hutan produksi dapat dikategorikan menjadi 2 golongan, yaitu hutan rimba dan hutan budidaya. Hutan rimba adalah hutan yang alami, sedangkan hutan budidaya adalah hutan yang sengaja dikelola manusia yang biasanya terdiri dari satu jenis tanaman saja.
Macam macam hutan menurut fungsinya
Itulah info online tentang Macam macam hutan menurut fungsinya, semoga menjadi tambahan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat.

Related For Macam macam hutan menurut fungsinya

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori