Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Manfaat positif komunitas online

10 Maret 2012 | Internet

Manfaat positif komunitas online. Manusia takkan pernah lepas dari proses sosialisasi, manusia akan selalu membutuhkan orang lain. Sekaya atau sekuat apapun seorang manusia tidak akan bisa hidup tanpa adanya orang lain disekitarnya. Oleh karena itu kebutuhan manusia akan sosialisasi memang sangat penting, sepenting kebutuhan manusia akan makanan dan minuman.

Setiap kali kita membahas tentang sesuatu, seyogyanya kita menyadari terlebih dahulu adanya plus dan minus dari sesuatu tersebut. Tak bijak rasanya membabi buta membela sesuatu atau menolak sesuatu tanpa menyadari apakah manfaat dan kerugian sesuatu hal. Bagaimana menurut anda? he heee…

Kembali ke topik utama, apakah sebenarnya komunitas online itu? Ditinjau dari asal katanya, komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berasal dari kata dasar communis. yang bisa di artikan masyarakat, publik, milik bersama atau banyak orang. Dalam ilmu sosiologi komunitas dapat diartikan sebagai kelompok orang yang saling berinteraksi yang ada di lokasi tertentu.

Namun definisi ini terus berkembang dan diperluas menjadi individu-individu yang memiliki kesamaan karakteristik tanpa melihat lokasi atau tipe interaksinya.

Menurut ahli sosiologi, sebuah komunitas akan memiliki empat ciri utama, yaitu:
1. Adanya keanggotaan di dalamnya. Tidak mungkin suatu komunitas tanpa ada anggota di dalamnya.
2. Adanya saling mempengaruhi. Anggota-anggota komunitas bisa saling mempengaruhi satu dengan lainnya.
3. Adanya integrasi dan pemenuhan kebutuhan antar anggota.
4.Adanya ikatan emosional antar anggota.

Jadi, inti komunitas adalah adanya kelompok orang yang memiliki identitas yang hampir sama di mana faktor lokasi tidak terlalu relevan lagi. Yang penting, anggota komunitas harus berinteraksi secara reguler.

Ditinjau dari medianya, komunitas terbagi menjadi 2, yaitu komunitas offline dan komunitas online, yang bis dirinci sebagai berikut:
Komunitas offline adalah komunitas yang disatukan oleh kesamaan pekerjaan, hobi atau faktor penyatu lainnya, di mana media integrasi dan komunikasinya masih menggunakan teknologi non-intnet. Misalnya seperti pertemuan fisik, telepon, surat menyurat dan sebagainya.

Komunitas online/virtual merupakan komunitas yang disatukan oleh kesamaan pekerjaan  hobi atau faktor penyatu lainnya, di mana media integrasi dan komunikasinya sudah menggunakan internet. Biasanya cakupan komunitas online ini lebih luas dan global hingga ke seluruh dunia.

Komunitas online/virtual yang sering juga disebut sebagai e-community atau komunikasi online adalah sekelompok orang yang media utama hubungannya adalah internet dan tidak mengandalakan pertemuan langsung secara fisik. Semua orang bebas membuat komunitas online, seperti untuk keperluan pekerjaan, pendidikan, sosial atau tujuan lainnya.

Komunitas online/virtual bisa menjadi komunitas primer atau sekunder. Maksud komunitas sekunder adalah telah ada komunitas solid yang ada didunia nyata dan komunitas tersebut hanya digunakan untuk pelengkap saja. Ada banyak media yang bisa dipakai untuk membentuk komunitas online, seperti group facebook, twitter, forum, chat room, video, suara dan sebagainya. Komunitas online ini ada yang sangat solid shingga membentuk suasana sosio-teknis yang signifikan.

Kemampuan komunitas online untuk menyatukan manusia dalam ruang lingkup global bisa mendatangkan banyak manfaat. Tetapi berhati-hatilah, karena cakupannya yang terlalu besar komunitas online bisa menjadi tempat strategis bagi para penjahat untuk mengincar anda.

Yang sering terjadi bisanya adanya pencurian identitas dan pelecehan. Kebanyakan korbannya adalah anak-anak. Selain itu, banyak psikolog yang mengkhawatirkan bahwa terlalu banyak berinternet membuat orang melupakan kehidupan nyata di masyarakat.

Related For Manfaat positif komunitas online