Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Memberikan saran dengan kalimat yang baik

24 Februari 2014 | Sastra

Memberikan saran dengan kalimat yang baik. Dalam hidup ini ada saat-saat kita melihat sesuatu yang agak janggal, sehingga perlu memberikan saran kepada orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Atau mungkin sebaliknya. Ada orang lain yang memberi saran pada anda untuk melakukan sesuatu, karena dianggapnya baik untuk dilakukan.

Contoh :
Seorang teman pria anda yang perokok berat setelah diperiksa oleh dokter, ternyata ia terserang penyakit paru-paru. Dokter menyuruh agar ia berpuasa merokok sampai suatu saat, bila paru-parunya dinyatakan bebas penyakit. Tetapi sang pria, karena sudah kecanduan secara sembunyi-sembunyi ia merokok juga, walau jumlahnya tidak sebanyak dulu.

Demi kesehatan teman pria Anda tersebut, sungguh sangat tepat bila anda memberi saran kepadanya untuk mengerjakan puasa merokok sesuai nasihat dokter.
Misalnya :
– Sebaiknya anda melakukan hal itu.
– Demi kesehatan anda sebaiknya anda tidak merokok.

Dalam memberikan saran kepada orang lain, kita dapat mengungkapkannya dengan berbagai macam kalimat, sesuai dengan peristiwanya, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku, di antaranya :
– Alangkah baiknya kalau kau datang kepadanya untuk meminta maaf.
– Bila tidak datang, supaya mengirim surat secepatnya.
– Sebaiknya anda pergi sendiri saja, agar resikonya tidak terlalu berat.
– dll.

tags:

Related For Memberikan saran dengan kalimat yang baik

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori