Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Membuat dvd/flashdisk bootable windows 8

2 Desember 2012 | Komputer

Membuat dvd/flashdisk bootable windows 8. Bagi yang mau belajar, membuat dvd atau flashdisk bootable bukanlah hal sulit. Tak ada ruginya membaca lalu mempraktekkan sebuah tutorial. Bagi orang yang tidak sekolahan seperti saya buku dan internetlah guru saya.

Tempat tinggal saya jauh dari pkota besar, mau bertanya tak ada yang bisa saya tanya. Untunglah jaringan internet lancar saya akses dari rumah, meski hanya menggunakan modem.

Banyak hal yang saya dapat dari buku dan internet, salah satunya adalah membuat DVD/flashdisk bootable. Apakah itu? Dulu saya juga bingung apa yang dimaksud dengan bootable. Setelah banyak membaca dan belajar, jawabnya sederhana, yaitu DVD ntuk menginstal windows pada komputer.

Teknologi semakin pesat saja di negeri ini, semenjak saya mampu mengoperasikan komputer mulai dari windows xp, vista, windows 7, dan sekarang sudah windows 8. Dan mungkin versi yang lebih baru telah dirilis lagi. He hee… pusing rasanya jika terus mengikuti. Tetapi bagi saya hal ini merupakan pembelajaran yang mau tak mau harus saya pelajari.

Sesuai judul di atas, kali ini saya akan mengajak anda untuk belajar membuat dvd atau flashdisk bootable windows 8. Dengan dvd ini kita dapat menginstal windos 8 ke komputer kita. Saya menshare ini berdasarkan pengalaman pribadi membuat dvd bootable untuk windows 8.

Waktu saya membuat ini, screenshotnya saya simpan dengan tujuan untuk posting ini agar semua rekan-rekan yang ingin belajar bisa juga he he..Langsung aja ke TKP yuk, ikuti tutorial ini:
1. Siapkan terlebih dahulu windows 8. Kalau belum punya silahkan cari terlebih dahulu. Seperti yang telah saya telah saya lakukan saya mendownload windows 8 sebanyak 19 part file dalam bentuk RAR. Ekstrak file yang ke-1 saja, yang lainnya biarkan saja. Tujuannya untuk membuat file ISO yang wujudnya seperti gambar di bawah ini:

wujud file ISO

2. Pastikan di komputer anda telah terinstal Windows 7 USB DVD Download Tool dengan baik.
3. Buka Windows 7 USB DVD Download Tool.
4. Anda akan di hadapakan 4 langkah membuat DVD/flashdisk bootable. Langkah pertama, klik browse dan ambil file ISO hasil ekstrak seperti gambar di atas. Selanjutnya klik Next.

membuat DVD/flashdisk bootable langkah ke1

5. Langkah ke-2, pilih bootable yang akan anda buat. apakah akan menggunakan DVD atau flashdisk. (volume minimal 4GB).

membuat DVD/flashdisk bootable langkah ke2

6. Jika anda terlambat memasukkan DVD ke dalam DVD writer atau flashdisk maka akan tampak gambar seperti di bawah ini. Langkah anda untuk melanjutkan adalah masukkan DVD atau colokkan fashdisk, lalu klik Try again.

7. Lanjut, setelah yakin siap klik  Begin burning

membuat DVD/flashdisk bootable burning

8. Sekarang anda tiba pada langkah terakhir Creating bootable DVD. Tunggu hingga selesai. Cepat dan tidaknya tergantung komputer anda.

membuat DVD/flashdisk bootable proses burning

Jadi deh. Bagaimana, ada kesulitan?

tags:

Related For Membuat dvd/flashdisk bootable windows 8