Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Membuat ukuran kanvas sendiri di coreldraw

19 Juni 2014 | Coreldraw

Membuat ukuran kanvas sendiri di coreldraw. Mendesain sesuatu dengan ukuran kertas tertentu sangat mudah dilakukan dengan coreldraw. Anda bebas menentukan luas kanvas dengan ukuran berapapun, 1cm, 10cm, 10m dan seterusnya. Bagi yang masih pemula mungkin tidak menyadari ini, karena saya sendiri pernah jadi pemula he hee.

Di lembar kerja kita diberikan kebebasan menggunakan berbagai format ukuran, mulai dari inchi, mm, cm dan sebagainya. Namun, pada umumnya, seperti saya sendiri lebih nyaman menggunakan ukuran centimeter.

Untuk membuat format ukuran kanvas sendiri, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan. Misalnya saja kita mulai membuka coreldraw dari awal. Saat anda membuka lembar baru, ukuran kanvas (area kerja) secara default pastilah Letter dengan ukuran 8,5″ x 11,0″ yang berarti dalam format inchi dengan posisi potrait. Yang menjadi masalah terkadang kita tidak mengetahui dengan ukuran inchi tersebut berapa jika dijadikan dalam format cm.

Untuk itu, kita perlu mengubahnya menjadi cm, dengan cara mengklik menu dropdown pada Units. Di sana disediakan kira-kira 15 pilihan misal milimeters, points, pixels, centimeter dan sebagainya, pilihlah centimeter. Nah, sekarang format ukuran telah menjadi centimeter. Langkah selanjutnya blog angka yang ada pada Paper width and height, lalu rubah sesuai keinginan. Sekarang lihat area kanvas yang ada.

Catatan: Jika anda telah selesai dan menyimpannya, maka format cm yang anda gunakan akan ikut tersimpan. Ini berarti jika suatu saat pekerjaan dibuka masih tetap dalam format cm. Tetapi, jika anda memulai lembar kerja baru, maka format akan kembali ke default yaitu ” (inchi). Semoga membantu.

Video tutorial membuat ukuran kanvas sendiri di coreldraw

Lihat video tutorial lengkapnya di bawah ini.

Semoga membantu

Related For Membuat ukuran kanvas sendiri di coreldraw