Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Memotret monitor menggunakan winsnap

31 Januari 2013 | Komputer

Memotret monitor menggunakan winsnap. Untuk membuat sebuah tutorial baik di tulis di buku pastilah kita membutuhkan sebuah gambar agar si pembaca mudah mengerti dengan petunjuk yang kita berikan.

Misalnya saja seperti saya sering membuat artikel tentang tutorial komputer, tentulah banyak sekali gambar yang dibutuhkan. Untuk itu saya menggunakan aplikasi pemotret monitor yang bernama WinSnap.

Aplikasi ini tergolong ringan untuk digunakan, makanya saya enggan pindah untuk menggunakan aplikasi lainnya. Selain itu, aplikasi kecil ini menghasilkan gambar yang cukup bagus. Setelah kita memotret obyek yang kita inginkan, image/gambarnya bisa disimpan dalam beberapa format. Yaitu, BMP, JPEG, PNG, GIF dan TIFF. Kita bebas memilihnya tergantung kebutuhan.

Jika belum memiliki WinSnap, anda bisa mencarinya diinternet. Banyak sekali situs yang menyediakan, dari yang berbayar maupun gratisan. Dari yang Trial sampai full version. Namun, tentunya terdapat perbedaan fitur antara yang gratisan dan berbayar. Silahkan pilh sendiri.

Satu lagi keunggulan aplikasi ini, yaitu bisa digunakan untuk memotret keseluruhan layar monitor maupun sebagian obyek yang kita butuhkan saja. Untuk memotret seluruh monitor, pada menu Capture kita pilih Full Screen atau tekan Ctrl+1 di keyboard. Sdangkan untuk mengambil sebagian obyek yang diinginkan saja pilih
Region atau tekan Ctrl+6.

Untuk mengatur agar mouse tampak dalam hasil pemotretan, aturlah pada menu Options lalu pilih Settings (F2). Lihat pada General, selanjutnya pada Include mouse cursor in capture centanglah. Untuk pengaturan lainnya anda bisa utak-utik sendiri.

Agar lebih jelas di sini saya sertakan video tutorial memotret monitor atau dekstop dengan menggunakan WinSnap. Semoga membantu.

Related For Memotret monitor menggunakan winsnap