Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Mencuci screen dengan bayclin

30 Maret 2014 | Sablon

Mencuci screen dengan bayclin. Kebersihan screen sangat penting untuk hasil film/afdruk sablon. Screen kotor karena pencuciannya kurang bersih tentu akan mengganggu proses afdruk. Pada satu kasus mungkin ini tidak begitu berpengaruh pada afdruk teks atau gambar besar, namun akan sangat tampak pengaruhnya pada teks/gambar kecil. Untuk itu, kebersihan screen harus benar-benar sempurna untuk hasil yang lebih baik.

Screen yang telah selesai digunakan untuk menyablon kaos agar bisa digunakan kembali untuk membuat film/afdruk haruslah dicuci bersih. Dahulu sebelum saya menemukan cara baru, pencucian menggunakan soda api, yang efeknya sangat tidak baik ke kulit. Setelah saya tahu bahwa bayclin bisa digunakan untuk menghapus afdruk, cara ini saya gunakan sampai sekarang.

Mencuci screen dengan bayclin

Agar screen dapat dengan mudah dicuci dengan bayclin, jangan gunakan penguat screen. Langkah menggunakannya sebagai berikut :

1. Carilah tempat yang teduh.

2. Basahi screen dengan air, kemudian oleskan bayclin secukupnya di luar dan dalam screen.

3. Diamkan sekitar sepuluh menit.

4. Gunakan kain halus untuk membersihkan. Jika ada bagian yang agak sulit gunakan penyemprot burung, stel semprotannya kecil agar tekanan lebih keras.

5. Jika masih ada bekas obat afdruk yang tidak mau hilang, biarkan saja dulu, kemudian cuci dengan sabun colek hingga bersih, termasuk pada frame screennya.

6. Jemur hingga kering.

7. Setelah kering, siapkan M4 dan gunakan untuk membersihkan semua sisa-sisa kotoran atau bayangan film yang masih tampak.

8. Jika sudah, cuci kembali dengan sabun colek hingga benar-benar bersih. Ingat, jangan sampai ada sisa M4, karena nantinya akan menyulitkan ketika mengoleskan obat afdruk lagi.

9. Jemur hingga kering. Selesai, screen siap digunakan untuk afdruk kembali.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat bagi anda yang masih pemula dalam menekuni dunia sablon manual.

Related For Mencuci screen dengan bayclin