Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Mengapa kita harus bekerja

25 Mei 2011 | Intelegensi

Mengapa kita harus bekerja. Apakah kerja itu? Mengapa kita harus bekerja? Kerja merupakan suatu usaha yang dilakukan sendiri maupun bersama-sama untuk menghasilkan sesuatu bagi orang lain dan secara langsung maupun tidak langsung memberikan dampak positif bagi si pekerja itu sendiri. Kata kunci dari kerja disini adalah effort (usaha). Jadi ketika mengklaim bahwa kita bekerja, maka terlihat nyata adanya usaha untuk mewujudkan kerja tersebut.

Usaha dalam bekerja sering diartikan kerja yang sungguh-sungguh. Ada pengorbanan, tidak selalu memperoleh yang terbaik, namun menikmati proses yang terbaik. Kerja yang sungguh-sungguh bukan berarti kerja keras, namun bekerja cerdas (smart work) berlandaskan keseimbangan hidup. Inilah kunci sukses untuk meraih kesejahteraan.

Thomas Alva Edison si penemu lampu pijar pernah mengemukakan bahwa tiga hal yang paling diperlukan untuk meraih keberhasilan adalah bekerja keras dan cerdas, ketekunan dan akal sehat. Edison juga mengungkapkan bahwa segala sesuatu akan dapat dihasilkan dengan baik pada orang-orang yang terus bekerja sambil mencari dan memanfaatkan kesempatan.

Di tengah maraknya tawaran untuk mengambil bagian dalam bisnis sampingan (side job), mungkin ada baiknya jika kita mencermati dengan bijaksana segala tawaran tersebut. Kesalahan dalam mengambil langkah untuk memulai tentu akan menimbulkan kekecewaan dan frustasi yang mendalam. Kerja yang memiliki value (nilai) tinggi adalah kerja dengan kesungguhan hati, usaha yang maksimal, calling (panggilan). Jadi bukan karena bujuk rayu.

Itulah sebabnya, kembali Thomas Alva Edison mengemukakan, bahwa dalam setiap kerja kita bisa memaknai arti setiap tetes keringat yang muncul. Satu hal yang menarik dari pandangan Thomas Alva Edison di atas adalah penggunaan akal sehat merupakan bagian yang penting untuk meraih keberhasilan dalam bekerja.

Pertanyaan mendasar adalah, “Apakah yang akan saya tekuni ini masuk akal atau tidak?” Pertanyaan itu penting agar kita tidak terjebak dalam rutinitas kerja sehari-hari, masuk dalam sistem yang kurang kita ketahui atau bahkan terjebak dalam money game (permainan uang).

Sukses dalam bekerja bukan dilihat dari berapa banyak uang yang kita peroleh. Sukses dalam kerja juga bukan dilihat dari seberapa tinggi jabatan yang telah dicapai. Jika bekerja semata-mata untuk uang atau jabatan, maka hal ini dikhawatirkan akan menurunkan nilai hidup yang dijalani.

Sukses dalam bekerja berarti sukses menjalani apa yang sedang kita kerjakan, baik dalam suka maupun duka. Bukanlah sukses merupakan sebuah perjalanan? Bekerja dengan mengikuti rel keberhasilan orang lain (me too product) belum merupakan suatu sukses. Kesuksesan dimulai ketika kita memulai sesuatu dan menjalaninya dengan perbedaan.

John Sifonis mengatakan “Different isn’t always better but the best is always different”. (Berbeda tidak selalu baik, namun yang terbaik selalu berbeda). Akhirnya, hanya dengan bekerja cerdas berlandaskan kemurnian hati dan akal sehat yang proporsional kita dapat mewujudkan kesejahteraan maksimal.

tags:

Related For Mengapa kita harus bekerja

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori