Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Mengatasi komputer blank dengan Task Manager

14 November 2012 | Komputer

Mengatasi komputer blank dengan Task Manager. Pernahkah komputer anda tiba-tiba blank ketika mengerjakan sesuatu? Bisa-bisa pekerjaan yang telah rapi dikerjakan hilang, sehingga harus mengulangnya kembali dari awal. Bagi yang masih awam, hal ini biasa  terjadi, karena kurangnya pemahaman cara kerja komputer.

Asal klik, membuka program berbarengan, tak sabar menunggu loading dan sebagainya. Jika sudah demikian, biasanya komputer akan direstart manual dan bahkan langsung dimatikan begitu saja tanpa mempertimbangkan yang akan terjadi selanjutnya.

Tindakan sembarangan mematikan komputer bisa menyebabkan kacaunya sofware dan jika dilakukan terus menerus akan membuat lemah hardware yang akhirnya mati. Berarti anda harus siap-siap merogoh kocek untuk mengganti hardware yang rusak. Padahal hardware masih terhitung mahal meski hanya produk Korea maupun Cina. Sayang bukan?

Untuk itu, bagai pengguna komputer sedikit demi sedikit tambahlah pengetahuan tentang cara kerjanya. Di internet tak terhitung yang membahasnya, mulai dari yang ringan hingga yang parah, para master telah memberikan berbagai solusi. Jika anda tahu bagaimana cara kerja komputer saya yakin anda tidak akan sembarangan lagi memperlakukan mesin canggih ini.

Banyak hal yang menyebabkan komputer mengalami blank. Penginstalan sofware yang kurang sempurna, keterbatasan hardware seperti RAM dan hardisk dan masih banyak lagi. Komputer bisa diibaratkan otak manusia, jika otak dipaksa terus-menerus berfikir maka akan mengalami stres. Satu pekerjaan belum selesai sudah disusul pekerjaan berikutnya.

Jika suatu komputer menggunakan hardware yang mendukung misal, RAM dan hardisk yang cukup besar, maupun prosesor yang berkecepatan tinggi mungkin komputer akan mudah terhindar dari blanknya komputer. Tetapi bagaimana jika komputer hanya menggunakan hardware yang pas-pasan? Inilah yang mendorong potensi terjadinya kemacetan kerja komputer.

Program yang dibuka terlalu banyak dan susul menyusul akan menghabiskan memori (RAM). Jika memori habis maka lemotlah komputer anda, karena tidak ada lagi ruang untuk bekerja. Sebagai akibatnya program akan crash alias ngacak tidak karuan. Jika hal ini terjadi, janganlah buru-buru mematikan komputer dengan menekan tombol power secara manual. Saya menyarankan gunakanlah Task Manager untuk mematikan/mengakhiri program yang terlalu banyak berjalan.

Bagaimana cara menggunakan Task Manager? Berikut caranya:

Ketika komputer blank, tekan tombol Ctrl + Alt disusul dengan Delete. Lalu pilih Start Task Manager, maka akan muncul jendela Task Manager seperti gambar di bawah ini:

Task Manager

Lihatlah berapa program yang sedang berjalan pada komputer anda, seperti gambar di atas terlihat Adobe Photoshop, Notepad, Chrome dan folder Notepad sedang berjalan. Untuk mengurangi kinerja komputer maka kliklah salah satu atau lebih program dan klik End Task.

Jika masih terasa berat, matikan lagi program lainnya dengan langkah yang sama. Setelah dirasa cukup tutup jendela Task Manager dengan memilih menu File > Exit.

Semoga artikel ini membantu kesulitan anda, dan komputer anda terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

tags:

Related For Mengatasi komputer blank dengan Task Manager