Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Mengatasi masalah kartu suara

17 Juni 2014 | Komputer

Mengatasi masalah kartu suara. Sebelum mencari masalah yang terjadi untuk mengatasi kartu suara, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan bahwa speaker terpasang dengan benar pada komputer. Setelah speaker terpasang dengan benar, selanjutnya tinggal mencari permasalahan yang terjadi yang menyebabkan suara pada komputer tidak bekerja dengan baik. Di bawah ini, beberapa masalah kartu suara dan cara mengatasinya:

Kartu suara sudah terpasang tetapi windows tidak mengenalinya

Agar windows mengenali sound card kita, gunakan model yang kompatibel dan instal driver yang tepat. Pastikan memiliki disk sofware yang datang bersama peranti tersebut. Jika tidak memiliki atau sofware dalam disk tidak memecahkan masalah, tempuh langkah-langkah berikut:

  1. Cek apakah driver untuk kartu suara tersedia melalui windows Update.
  2. Jika windows update tidak menemukan driver dimaksud, kunjungi website pabrik pembuat. Download dari sana lalu instal ke komputer.
  3. Buka Control Panel, pilih System and Maintenance, dan klik Device Manager.
  4. Dalam Device Manager, cari sound card di bawah Sound, video and game controllers dan konfirmasi bahwa windows tidak mengenali kartu kita.
  5. Tutup Device Manager.
  6. Buka Control Panel.
  7. Dalam kotak Search pada Control Panel, ketik add hardware.
  8. Klik Install drivers for older devices with Add Hardware wizard.

Cara menginstal driver baru

Seperti dijelaskan bahwa windows update dapat mencari sendiri dan mengupdate driver-driver, serta menginstal driver secara otomatis. Namun, meski begitu sebaiknya kita lakukan instalasi sendiri:

  1. Buka Control Panel, klik System and Maintenance, klik Device Manager.
  2. Dalam Device Manager, cari sound card di bawah Sound, video and game controllers, dan klik ganda nama peranti tersebut.
  3. Klik Driver dan klik Update Driver.

Untuk mencari tahu daftar hardware yang kompatibel dengan windows vista, kunjungi website Windows Vista Upgrade Advisor: http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=53699

Music Player portable, microfon atau peranti audio

Kita dapat menggunakan koneksi line-in dalam kartu suara kita untuk menghubungkan music player portable, microfon atau peranti input audio lainnya ke komputer.

Tetapi perlu diingat bahwa koneksi line-in ke kartu suara biasanya dimatikan (mute) secara default, jadi kita harus menghidupkannya.

Cara menghidupkan suara untuk koneksi line-in:

  1. Dari Control Panel, pilih Hardware and Sound, dan klik Sound.
  2. Klik tab Playback, klik Speakers, dan klik Properties.
  3. Klik tab Levels, dan di bawah Lin In, klik tombol Mute untuk mengaktifkan suara koneksi line-in.

Semua solusi sudah dicoba tetapi sound masih bermasalah

Beberapa kasus sound terkadang tidak bisa dipecahkan dengan solusi-solusi di atas. Sebagai contoh, terdapatnya masalah dengan model hardware tertentu. Maka jalan terakhir adalah mengeceknya ke Microsoft Knowledge Base (KB) untuk melihat jika di sana terdapat informasi khusus tentang hardware sound kita. Atau, kita mengontak pabrik pembuatnya melalui website/email.

Related For Mengatasi masalah kartu suara