Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Mengatur kerapatan teks pada Photoshop

6 Februari 2013 | Photoshop

Mengatur kerapatan teks pada Photoshop. Jika kita kreatif, sebenarnya di photoshop banyak sekali cara agar pekerjaan kita lebih efisien waktu dan tenaga. Kita cukup menggunakan tombol-tombol keyboard untuk menjalankan beberapa perintah tanpa harus berukang kali memegang dan melepaskan mouse di meja.

Untuk kali ini saya akan memberikan sedikit trik cara cepat mengatur spasi antar karakter teks, mengubah ukuran teks dan mengatur spasi antar baris teks. Mari kita bahas satu – persatu.

Cara cepat mengatur spasi antar karakter teks
Dengan trik ini kita bisa mengatur spasi antar karakter tanpa harus mengatur nilai spasi melalui Character Pallete.
Caranya:
1. Buat sebuah tulisan klik 2x layer teks
2. Tekan Alt  lalu tekan tombol panah (< / >)pada keyboard sebanyak yang anda inginkan. Tekan Alt dan anak panah kanan untuk melebarkan jarak dan tekn Alt dan anak panah kiri untuk merapatkan.

Cara cepat mengubah ukuran teks (untuk Photoshop Cs/Cs2)
Trik ini adalah cara cepat mengubah ukuran teks tanpa mengatur nilai Size pada options bar maupun Character Palette.
Caranya:
Klik 2x ikon teks layer, selanjutnya tekan Shift+Ctrl lalu susul dengan menekan tombol anak panah (< / >) kanan keyboard untuk menambah ukuran teks dengan ukuran pt, dan tekan panah kiri untuk mengurangi ukuran.

Cara cepat mengatur spasi teks antar baris
Dengan trik ini anda tidak perlu membuat beberapa layer teks, khususnya teks judul, cukup dengan satu layer teks dengan beberapa baris teks. Setelah itu atur nilai leading-nya.
Caranya:
1. Ketikkan 2 baris teks, lalu klik 2x pada layer teks untuk menyeleksi seluruhnya.
2. Tekan dan tahan tombol Alt, dan tekan tombol panah ke atas/bawah beberapa kali menurut keinginan. Sehingga jarak antar baris teks berubah sesuai keinginan anda.

tags:

Related For Mengatur kerapatan teks pada Photoshop