Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Menggambar dengan smart drawing di coreldraw

19 Juni 2014 | Coreldraw

Menggambar dengan smart drawing di coreldraw. Dengan tombol Smart Drawing tool anda dapat menggambar coretan berpola bebas, selanjutnya gambar akan disesuaikan dan diubah menjadi gambar dengan pola dasar, di mana coreldraw secara otomatis akan menghaluskan atau melembutkan coretan bebas yang membentuk gambar tersebut.Dengan smart drawing tool anda bisa menggambar garis bebas yang dapat dirubah menjadi bentuk obyek baku.

Persegi empat dan elips diwujudkan pada objek asli coreldraw, segi empat sejajar dan jajaran genjang diwujudkan pada objek bentuk sempurna (perfect shape), garis, segitiga, bujur sangkar, lingkaran dan anak panah diwujudkan pada objek kurva. Jika objek tidak dirubah pada suatu bentuk, maka objek tersebut akan diperbaiki bentuknya.

Objek dan kurva yang digambar dengan bentuk baku (shape recognition) masih dapat disunting. Anda dapat mengatur dan mengubahnya menjadi suatu objek dan memperhalus bentuk objek tersebut menjadi kurva. Anda dapat mengatur waktu proses yang dibutuhkan untuk mulai membuat coretan pena dan mengubahnya menjadi bentuk baku.

Sebagai contoh, jika pengatur waktu bernilai 1 detik dan anda menggambar sebuah lingkaran, maka proses pembentukan lingkaran dengan bentuk baku membutuhkan 1 detik setelah anda menggambar lingkaran.

Langkah menggambar dengan smart drawing

Langkah untuk mengatur lama proses pembentukan bentuk baku tersebut adalah:

1. Pilih menu Tools > Customization.

2. Dalam daftar kategori Toolbox, klik tombol Smart Drawing.

Menggambar dengan smart drawing di photoshop

3. Geser slider Drawing assistance delay.
Anda dapat melakukan perbaikan pada pada saat anda menggambar, mengubah tebal dan bentuk garis dari sebuah bentuk yang telah tergambar menjadi bentuk baku (shape recognition).

Langkah untuk melakukan perbaikan bentuk gambar saat anda menggunakan fasilitas bentuk baku (shape recognition) adalah:

1. Sebelum periode waktu/lama proses perbaikan bentuk gambar berlalu, tekan dan tahan tombol Shift dan geser mouse melalui area yang ingin diperbaiki.

2. Apabila anda sedang menggambar sebuah bentuk bebas yang mengandung beberapa kurva, tekan Esc untuk menghapus kurva terakhir yang terbentuk.

Langkah untuk mengubah tebal garis tepi dari sebuah bentuk yang tergambar dengan bentuk baku adalah:

1. Klik tombol Smart Drawing Tool dan buatlah sebuah bentuk (shape).

2. Pilih tebal garis batas dari kotak daftar Outline Width.

Menggambar dengan smart drawing di photoshop

3. Langkah untuk menentukan tatanan garis dan garis tepi adalah

a. Pilih objek. Buka flyout Outline tool, klik tombol Outline Pen Dialog.

Menggambar dengan smart drawing di photoshop

b. Dalam kotak dialog Outline Pen, tentukan tatanan yang anda inginkan.

c. Untuk membuat style garis, pilih Edit Style dan geser slider dalam kotak dialog Edit Line Style.

Dengan mengklik kotak-kotak di sebelah kiri slider maka anda dapt mengatur pola dan jumlah titik-titik dalam style dari garis baru yang anda buat.

Menggambar dengan smart drawing di photoshop

Untuk mengedit style garis, pilih sebuah style garis dari kotak daftar style dan klik Edit Style. Buat stylegaris dalam kotak dialog Edit Line Style, lalu klik Replace. Anda dapat mengubah warna garis tepi objek dengan memilih warna pada bagian Color dalam kotak dialog Outline Pen.

Related For Menggambar dengan smart drawing di coreldraw