Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2007

12 Agustus 2012 | Office

Menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2007. Sebelum mulai mengoperasikan microsoft excel 2007, pastikan PC/laptop anda terinstal program Microsfoft Office 2007 dengan sempurna. Untuk memulai menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2007, klik Start > Microsoft Office > Microsoft Excel 2007.

Di sini akan kita bahas beberapa pokok bahasa, yaitu: menyimpan lembar kerja, membuka lembar kerja, menutup lembar kerja dan menutup aplikasi Microsoft Excel 2007.

1. Menyimpan lembar kerja
Sama seperti aplikasi Microsoft Office 2007 lainnya, lembar kerja bisa di simpan dengan mengklik icon logo Office dan memilih menu Save. Kemudian ketik nama file yang diinginkan. Tentukan direktori penyimpanan file, lalu klik Save. Anda bisa juga menyimpan file dengan mengklik Save pada Quick Access Toolbar.

2. Membuka Lembar kerja
Seperti halya menyimpan file, cara membuka file pada Microsoft Excel 2007 sama seperti cara membuka file pada Microsoft Office versi sebelumnya.

3. Menyeleksi Sel
Sel adalah potongan antara baris dan kolom, misalnya sel B8 yang berarti sel pointer berada di titik temu antara kolom B pada baris ke-8. Seleksi sel diperlukan jika anda ingin membuat perubahan format copy ataupun pemindahan sel. Seleksi sel dibedakan menjadi beberapa cara, yaitu:
– Menyeleksi satu sel: untuk menyeleksi satu sel, cukup klik sel terpilih.
– Menyeleksi sel secara berurutan
Untuk menggunakannya lakukan 2 cara. Yaitu dengan menyeleksinya, contohnya sel B3-E10.
Pertama: arahkan pointer ke sel B3, lalu drag sampai sel E10.
Kedua: seleksi beberapa sel secara berurutan. Contohnya, klik B3 lalu tekan dan tahan tombol Shift sembari mengklik sel B10.

– Menyeleksi sel secara acak
Untuk menyeleksi secara acak, misal: lakukan dengan cara menyeleksi selB4-C10 dan E6-F12.
Cara pertama, tekan tombol CTRL, lalu drag sel B4-C10. Lanjutkan untuk sel E6-F12.<
Cara kedua, klik sel B4, lalu tahan tombol SHIFT. Berikutnya, klik sel C10. Setelah itu, tekan tombol CTRL dan lanjutkan dengan mengklik sel E6. Lepaskan tombol CTRL dan ganti tombol SHIFT serta klik sel F12.

4. Menutup lembar kerja
Anda bisa menutup lembar kerja Microsoft Excel 2007 menggunakan dengan mengklik icon logo Office dan memilih menu Close, aytau klik tanda silang di pojok kanan atas layar monitor anda.

tags:

Related For Menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2007