Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Menggunakan kata baku dan non baku

20 Januari 2014 | Sastra

Menggunakan kata baku dan non baku. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan pada kenyataan akan perlunya berkomunikasi, baik secara lisan maupun tertulis. Bentuk-bentuk komunikasi sangat dipengaruhi oleh situasi. Situasi santai, situasi belajar di kelas, situasi rapat dinas pada suatu instansi dan sebagainya. Mungkin tak banyak yang memperhatikan ini, karena mungkin sudah terbiasa dengan sms yang bahasa yang digunakan sekenanya.

Perbedaan situasi ini akan membawa juga perbedaan bahasa yang digunakan, baik pengucapannya jika berbahasa lisan maupun penulisannya dalam berbahasa tulisan.

Pilihan kata-katanya pun dipengaruhi oleh situasi tersebut. Dalam situasi santai kita dapat saja mengatakan : “Bilang saja terus terang, nggak usah malu-malu”.

Kata bilang dan nggak dalam kalimat ini yang digunakan dalam kalimat situasi santai tidak resmi. Untuk situasi resmi kita menggantinya dengan katakan dan tidak. Menjadi : “Katakan saja terus terang, tidak usah malu-malu”.

Kata-kata seperti contoh di atas  kita namakan kata tidak baku. Sedangkan contoh yang kedua kita namakan kata baku.

Hendaklah kita berhati-hati dalam memilih dan menggunakan kata. Dalam situasi resmi kita memilih dan menggunakan kata-kata baku. Sedang dalam situasi santai atau tidak resmi dapat menggunakan kata-kata tidak baku.

Perhatikan pemakaian kata tidak baku dalam kalimat di bawah ini, dengan begitu anda lebih jelas untuk membedakannya :
1. Jangan sok pinter.
2. Kenapa tidak mau menjawab pertanyaanku?
3. Kalau begini terus-terusan, gimana jadinya nanti.
4. Lho kok, baru kelihatan sekarang. Ke mana aja selama ini?

Semoga menjadikan pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan tidak baku dengan benar menurut tempat dan situasinya.

tags:

Related For Menggunakan kata baku dan non baku

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori