Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Menggunakan macro office 2007

13 Agustus 2012 | Office

Menggunakan macro office 2007. Office fasilitas macro digunakan untuk menggabungkan beberapa perintah menjadi satu untuk kemudian dijadikan satu menu. Agar lebih memahami macro, maka dalam pembahasan berikut akan diuraikan macro beserta modifikasinya, yang meliputi:
a. Menampilkan menu Developer
b. Cara membuat Macro
c. Cara menjalankan macro
d. Cara menghapus macro
e. Macro Security

a. Menampilkan menu Developer
Untuk membuat perintah macro, anda memerlukan menu Developer. Secara default menu developer tidak tampil pada menu bar. Untuk itu, anda perlu menampilkannya terlebih dahulu, caranya sebagai berikut:
1. Buka microsoft office word 2007. Klik icon logo microsoft office 2007, lalu pilih Word Options > pilih Popular.
2. Lihat di bawah Show Developer tab ini the Ribbon.
3. Dengan begitu akan tampil menu Developer pada menu bar.

b. Cara membuat macro
Berikut cara membuat menu macro tabel
1. Pada tab Developer, klik Record Macro yang menjadi bagian Code toolbar.
2. Kemudian ketikkan nama macro pada kotak Macro name.
3. Pilih salah satu tombol berikut:
a. Pilih Button jika anda menginginkan perintah macro ditempatkan pada Quick Access Toolbar.
b. Pilih Keyboard jika anda menginginkan perintah macro dijalankan menggunakan tombol keyboard.

4. Misalnya anda memilih Button dan klik nama macro = tabel.
5. Kemudian klik Add hingga macro tabel berpindah ke sisi kanan. Lanjutkan dengan mengklik Modify untuk memilih simbol macro.
6. Ketikkan Tabel pada kotak Display Name > klik OK. Dengan beitu akan langsung ditampilkan perintah macro pada Quick Access Toolbar. Secara otomatis, bentuk mouse akan berubah menjadi icon khusus.
7. Langkah berikutnya adalah melakukan tahapan pertama pembuatan tabel. Klik menu Insert > Tabel dan tentukan baris kolom tabel.
8. Tambahkan modifikasi style tabel dengan mengklik menu Design. Berikutnya pilih salah satu style tabel pada Tabel Styles Toolbar.
9. Setelah pembuatan tabel selesai, klik menu Developer lalu klik Stop Recording pada Code Toolbar.

c. Menjalankan Macro
Setelah cara membuat perintah macro, anda bisa menjalankan perintah macro dengan mengklik perintah yang terletak pada Quick Access Toolbar. Secara otomatis desain tabel yang sudah dibuat akan langsung ditampilkan pada dokumen. Jadi, anda tidak perlu lagi membuat desain tabel melalui beberapa langkah. Cukup dengan mengklik perintah macro Quick Access Toolbar.

d. Menghapus macro
Jika ingin menghapus perintah macro, klik menu Developer > klik Macro tool. Kemudian pada jendela Macro pilih nama macro yang akan dihapus. Tekan Delete untuk mengakhiri.

e. Macro Security
Macro Security digunakan untuk mengamankan dokumen dari serangan virus macro. Untuk mengatur setting macro security, langkahnya sebagai berikut:
1. Awali dengan mengklik menu Developer.
2. Kemudian klik Macro Security tool pada Code Toolbar.
3. Selanjutnya, pilih salah satu setting Macro.
– Disable all macroos without notification: pilihan ini berfungsi menonaktifkan semua jenis macro tanpa menampilkan kotak dialog peringatan.
– Disable all macross with notification: pilihan ini berfungsi menonaktifkan semua jenis macro dengan menampilkan kotak dialog peringatan.
– Disable all macros axcept digitally signed macros: pilihan ini berfungsi menonaktifkan semua jenis macro, kecuali jenis yang telah ditentukan.
– Enable all macros (not recommended, potentially dangerous code can run): pilihan ini berfungsi mengaktifkan semua jenis macro.

Semoga membantu.

tags:

Related For Menggunakan macro office 2007

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori